Bisnis.com, Jakarta – Kreditor Jiangsu Delong Nickel Industry Co., salah satu produsen baja tahan karat terkemuka, meminta pengadilan China untuk merestrukturisasi bisnis yang dijalankan Tai dan keluarganya. Bagaimana nasib proyek smelter nikel RI?

Sumber: Bloomberg Senin (29/7/2024) Pengadilan di Kabupaten Jiangshui, Provinsi Jiangsu, sedang mendengarkan tuntutan perusahaan milik negara dan tiga kasus terkait hubungan Jiangsu Delong. 

Pengadilan akan memutuskan untuk menerima dan mendengarkan kasus-kasus yang melibatkan banyak kreditor dan hubungan hukum yang kompleks.

Sementara itu, kreditor empat perusahaan, termasuk Jiangsu Delong, telah mengajukan “restrukturisasi kebangkrutan,” yang berarti mereka berusaha menghindari likuidasi dan membiarkan pabrik mereka beroperasi secara normal. Pengadilan Xiangshui mempekerjakan seorang manajer peradilan untuk melakukan tugas ini. 

Pengadilan tidak mengungkapkan rincian permintaan tersebut. Namun, mereka menyebut calon manajer kehakiman harus menyelesaikan kasus kebangkrutan senilai lebih dari 5 miliar yuan atau Rp 11 triliun yang melibatkan lebih dari 2.000 karyawan.

Kandidat harus memiliki pengalaman dalam merger dan akuisisi dan memahami proses pengumpulan aset asing dari perusahaan yang bangkrut, kata pernyataan itu.

Divisi Perusahaan Jiangsu Delong dan Smelter di RI

Sebagai catatan, Jiangsu Delong merupakan salah satu produsen baja swasta terbesar di Tiongkok dan pesaing utama perusahaan, Xingshan Holding Group. Chiang Kwangda.

Karena jaringan bisnis Dai yang luas, banyak pedagang grosir, pemasok, dan pedagang barang di dalam dan luar Tiongkok yang menyelidiki kasus ini. Runtuhnya perusahaan tersebut akan berdampak besar pada sektor manufaktur Tiongkok dan pasar nikel global. 

Pabrik Dai di Tiongkok dan Indonesia diketahui memproduksi lebih dari 10 juta ton baja dan produk logam lainnya setiap tahunnya. 

Di Indonesia, Jiangsu Delong memiliki unit perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan nikel yaitu PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (PT OSS) di Sulawesi Tenggara. Industri Kaca Nikel dan Manufaktur Baja. 

Jiangsu Delong juga memiliki anak perusahaan di Indonesia, PT Gunbuster Nickel Industri (PT GNI), sebuah perusahaan pertambangan nikel Indonesia yang berlokasi di Morowali, Sulawesi Tengah. 

Pada tanggal 6 Mei 2021, GNI telah menandatangani perjanjian pendahuluan dengan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA