Bisnis.com, JAKARTA – Perenang asal Tiongkok Pan Zhanle memecahkan rekor dunianya sendiri saat meraih emas nomor 100m gaya bebas putra Olimpiade Paris 2024 pada Rabu (31/7) waktu setempat atau Kamis WIB.

Prestasi tersebut merupakan medali emas China pada cabang renang di Olimpiade Paris.

Pan berhasil finis dalam waktu 46,40 detik, mengalahkan rekor dunia 46,80 detik yang dibuat di Doha pada Februari lalu.

Perenang Australia Kyle Chalmers, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, tertinggal 1,08 detik untuk meraih perak, sedangkan perenang Rumania David Popovici meraih perunggu.

Kemenangan Pan menjadi dorongan yang sangat dibutuhkan bagi Tiongkok, yang sejauh ini tampil mengecewakan di Olimpiade Paris.

“Saya sangat terkejut bisa memecahkan rekor tersebut, itu adalah momen yang ajaib,” kata Pan, yang tidak lolos pada babak penyisihan gaya bebas 200 meter pada Kamis.

“Tiongkok bergerak maju selangkah demi selangkah. Memecahkan rekor ini adalah sebuah langkah kecil ke arah yang benar.”

Di sisi lain, hasil tersebut menjadi kenyataan pahit bagi Chalmers yang harus puas dengan medali perak di Tokyo dan berharap bisa merebut kembali gelar tersebut delapan tahun setelah kemenangannya di Brasil.

“Jika Anda melihat Rio, saya rasa saya masih sangat muda dan naif serta tidak tahu apa artinya menjadi atlet Olimpiade atau juara Olimpiade,” kata Chalmers.

“Delapan tahun kemudian, semakin berarti bagi saya bisa berdiri di podium dan menerima medali perak.”

Pan adalah perenang Tiongkok pertama yang mencapai rekor dunia di Olimpiade dan sekarang menjadi perenang pertama yang memenangkan emas di nomor yang didominasi warna biru.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.