Bisnis.com, Jakarta – Usai meluncurkan mikrofon DM-105 untuk lead dan backing vocal, distributor PT Yamaha Musik Indonesia (YMID) menambah lini produk audionya dengan merilis seri YDM.

Seri YDM yang dijual di Indonesia adalah YDM707, YDM505 dan YDM505S (model ini akan dirilis beberapa bulan ke depan).

Selain mikrofon seri Yamaha YDM, perusahaan juga meluncurkan lini produk antarmuka audio USB baru dari seri Steinberg IXO, yakni IXO12 dan IXO22.

Teknis Pemasaran Penjualan Audio Grup Produk Distributor PT Yamaha Music Indonesia Gabriel Ganawan menjelaskan, pasar audio kini semakin berkembang seiring dengan semakin meluasnya pembuat konten.

Pasar audio kini telah menjangkau para pembuat konten, banyak di antaranya adalah anak muda. Kreativitas dan inovasi generasi muda Indonesia dalam menciptakan konten di berbagai platform digital sangat mempengaruhi pertumbuhan industri kreatif dan industri audio.

Tahun lalu saja, potensi industri kreatif di bidang kreator konten mencapai Rp7 triliun. Berdasarkan data, diperkirakan akan meningkat 5 kali lipat pada tahun 2027 melalui pengembangan platform digital.

“Semakin serius para pembuat konten untuk menciptakan video berkualitas, maka semakin banyak produsen audio yang berlomba-lomba menghasilkan produk yang menunjang kebutuhan kreatif para pembuat konten. Salah satu hal yang membuat konten khususnya video tidak hanya sebatas gambar saja, tetapi juga bunyinya,” kata Gabriel, di Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Jajaran mikrofon dinamis kelas profesional ini dirancang untuk produksi musik live/rekaman, streaming, dan pembuatan konten untuk band mana pun, katanya. “Langkah ini merupakan respons terhadap aktivitas produksi musik dan pembuatan konten di seluruh dunia,” tambahnya.

Mikrofon seri YDM dilengkapi dengan bahan isolasi canggih Yamaha, yang mengurangi kebisingan dari penggunaan mikrofon, getaran, dan sumber eksternal lainnya yang mungkin ditangkap oleh mikrokapsul.

“Dengan cara ini, pengguna mikrofon ini dapat fokus hanya pada performanya. YDM505 terinspirasi oleh desain alat musik, dan mikrofon ini dirancang dengan mudah untuk terinspirasi oleh desain instrumen tiup yang melengkung.” Dia menjelaskan lagi.

Pegangan atas dan bawah semua model, terutama YDM707, diberi aksen cincin perak, sehingga memberikan desain yang unik. Pegangannya telah dibuat prototipe beberapa kali untuk memastikan tidak hanya desainnya yang indah, tetapi juga pegangan yang nyaman.

“Khusus untuk model YDM505S, terdapat tombol on/off untuk digunakan dalam pertunjukan solo, playback, atau situasi apa pun yang dapat digunakan on/off independen. Model ini memiliki mekanisme pengunci tombolnya. Dilengkapi juga agar pengguna bisa menggunakan mikrofon,” tutupnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA