Bisnis.com, JAKARTA – Simone Biles kembali tampil di Olimpiade untuk ketiga kalinya mewakili tim senam Amerika Serikat.

Dilaporkan dalam Biografi dan goodhousekeeping.com, Senin (29/7/2024), Simone Biles lahir pada 14 Maret 1997 di negara bagian Ohio, Amerika Serikat. Selama menjadi pesenam Olimpiade legendaris, ada beberapa fakta tentang dirinya yang mungkin belum Anda ketahui. Simak fakta-fakta tentang Simone Biles berikut ini: 1. Pesenam Olimpiade yang berprestasi dunia

Per 1 Juli 2024, Simone Biles telah meraih 104 medali. Totalnya, 37 di antaranya bertaraf internasional. Ini menjadikannya pesenam paling berprestasi di tingkat Olimpiade.

Diantaranya, terdapat 7 medali Olimpiade, 30 medali Kejuaraan Dunia, 41 medali Kejuaraan AS, dan 26 medali Klasik AS.

Simone memenangkan 6 gelar dunia, nomor satu di antara pesenam wanita. Sekaligus, ia menjadi orang kulit hitam pertama yang meraih gelar tersebut.

Selain itu, ia juga merupakan penerima termuda Presidential Medal of Freedom Amerika Serikat. Joe Biden menyerahkan medali ini kepada Simone pada Juli 2022.

Di salah satu Kejuaraan AS, Simone menjadi pesenam pertama yang memenangkan 8 gelar nasional. Pada usia 26, ia juga menjadi wanita tertua yang memenangkan kejuaraan. 2. Menderita ADHD

Setelah Olimpiade pertamanya (Rio de Janeiro, 2016), terjadi kebocoran data medis Simone Biles. Dari data Badan Anti-Doping Dunia, Simone tampak mengidap Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Setelah membeberkan data rahasia tersebut, Simone mengatakan di jejaring sosialnya bahwa dia tidak merasa malu menderita ADHD. Dia juga didiagnosis saat masih anak-anak, dan mengonsumsi obat yang disetujui oleh USA Gymnastics. 3. Diadopsi oleh kakek dan neneknya

Masa kecil Simone Biles bisa dibilang cukup rumit. Simone memiliki 3 adik laki-laki dan seorang kakak perempuan. Mereka memasuki sistem asuh Amerika karena ibu mereka kecanduan narkoba.

Simone dan salah satu saudara perempuannya akhirnya diasuh oleh kakek nenek mereka dan diadopsi secara resmi oleh kakek nenek mereka di Texas. Simone juga menganggap mereka sebagai orang tuanya sendiri, dengan mengatakan: “Orang tuaku adalah orang tuaku”. Dua saudara Simone yang lain diadopsi oleh bibi mereka. 4. Mulailah melakukan senam saat berumur 6 tahun

Ketika Simone dikirim ke tempat penitipan anak pada usia 6 tahun, mereka mengunjungi gym. 

Menurut Simone, ia mengikuti gerak-gerik para pesenam di sana. Salah satu pelatih melihat potensi yang dimiliki Simone dan mengirimkan surat yang meminta Simone untuk mengikuti latihan senam.

Sejak saat itu, ia langsung mulai berlatih dan dibimbing oleh Aimee Boorman sejak usia 8 tahun, hingga mereka berpisah 11 tahun kemudian. Hal ini terjadi setelah Simone melakukan debut Olimpiade pada tahun 2016. 5. Lima gerakan senam yang disebut “The Biles”

PopSugar melaporkan, Simone Biles punya segudang jurus khas saat bertanding. Hal ini menyebabkan Federasi Senam Internasional secara resmi mengakui gerakan-gerakan tertentu dengan nama “The Biles”, yang berasal dari nama keluarga Simone.

Diantaranya adalah “The Biles on Floor”, “The Biles II on Floor”, “The Biles on Beam”, “The Biles on Vault”, dan “The Biles II on Vault”. 6. Mundur dari Olimpiade 2020

Dalam dunia senam, ada istilah “twisties” atau kehilangan kendali tubuh saat berada di udara.

Hal tersebut dirasakan Simone di Olimpiade Tokyo 2020 hingga membuatnya mundur dari final senam beregu dan individu putri.  Menurutnya, kesehatan mentalnya harus diutamakan.

Setelah pengunduran diri, Simone memulai masa istirahat dari kompetisi. Ia fokus pada kesehatan mentalnya, menjalani psikoterapi, dan akhirnya kembali untuk Olimpiade 2023 7. Memiliki kekayaan bersih US$ 16 juta.

Sejak Olimpiade 2016, Simone telah menerima panggilan dukungan dan sponsor dari perusahaan ternama. Ini termasuk Nike, United Airlines, Oreo, Visa dan Kellogg’s.

Simone Biles merupakan atlet wanita berpenghasilan tertinggi ke-9 pada tahun 2023. Total kekayaan bersih Simone adalah US$16 juta. (Ilma Rayhana)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel