Bisnis.com, JAKARTA – Jadwal latihan renang triathlon Paris 2024 diundur hari ini karena kondisi Sungai Seine yang tidak sesuai.

Hujan baru-baru ini di Paris, Prancis, dikaitkan dengan tingkat polusi di Sungai Seine, kata para pejabat dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh Reuters.

Banyak yang berharap atlet triathlon diperbolehkan berenang di sungai Seine menjelang Olimpiade Paris 2024, saat kompetisi dimulai pada Selasa (30/7/2024).

Pemerintah Prancis telah menginvestasikan 1,4 miliar euro dalam infrastruktur air limbah baru untuk mengurangi permukaan air dan menjadikan Sungai Seine sebagai sumber daya yang berguna bagi warga sebagai warisan utama Olimpiade Paris 2024.

Walikota Paris Anne Hidalgo berenang di Sungai Seine pada 17 Juli dalam upaya untuk meyakinkan para kritikus bahwa air sungai tersebut cukup bersih untuk digunakan para atlet berkompetisi. Sungai Seine berlanjut ke Sungai Hidalgo, sejak tahun 1900 Olympia sering digunakan.

Namun, tingkat polusi di Sungai Seine meningkat saat terjadi badai yang melanda Paris dan memaksa penundaan latihan triathlon.

“Kami sempat turun hujan, tapi semuanya menghalangi jumlah air, jadi saya pikir kami akan segera mencapai kualitas airnya, tapi itu juga tergantung ramalan cuaca,” kata Wakil Wali Kota Bidang Olahraga di Paris dalam konferensi pers. ; seperti dilansir Reuters, Minggu (28/7/2024).

Pengujian di sungai Seine pada Sabtu (27/7/2024) menunjukkan “ketinggian air yang baik, di mata organisasi internasional, Triathlon Dunia, untuk memberikan keselamatan tanpa pelatihan”, kata penyelenggara Paris 2024. Olimpiade

“Inilah penyebab hujan yang turun di Paris pada 26 Juli,” demikian bunyi pernyataan penyelenggara.

Penulis telah menambahkan prakiraan cuaca matahari dan suhu tinggi dalam 48 jam ke depan.

Sehingga mereka yakin kondisi air akan kembali membaik menjelang ajang triathlon pada Selasa (30/7/2024) bersama rombongan pertama.

World Triathlon bertemu dengan pejabat kota Paris pada jam 4 pagi setiap hari sebelum pelatihan atau balapan triathlon untuk meninjau hasil tes air terbaru.

Mereka kemudian akan memutuskan apakah Sungai Seine cukup bersih untuk digunakan para atlet berenang di Olimpiade Paris 2024.

Pada bulan Mei, kota Paris berencana membangun waduk baru berkapasitas 46.000 meter kubik untuk menampung air hujan dan air hujan guna mengurangi tingkat polusi di Sungai Seine.

Selain triathlon, sesi pengenalan lari dan bersepeda juga digelar pada Minggu (28/7/2024).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel