Bisnis.com, JAKARTA – Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 yang akan dilaksanakan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Presiden Raka akan fokus pada tujuh program tingkat tinggi. Salah satunya adalah makan siang gratis. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Penyusunan APBN Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Rofyanto Kurniawan dalam konsultasi publik, Selasa (30/07/2024).

Program unggulan pertama, kata Rofyanto, adalah di bidang pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapi berbagai tantangan pembangunan.

Yang kedua, di sektor kesehatan, akan fokus pada pengurangan stagnasi dan terus melakukan transformasi sistem kesehatan. Kawasan ini termasuk program andalan Prabowo-Gibran, yaitu makan siang gratis. 

“Di bidang kesehatan, kita akan mempercepat pengurangan stagnasi, menjaga kesehatan masyarakat, termasuk memberikan makanan bergizi kepada masyarakat,” ujarnya. 

Rofyanto melanjutkan, program unggulan ketiga adalah di bidang perlindungan sosial yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan.

Keempat, di bidang infrastruktur, bertujuan untuk membangun infrastruktur secara berkesinambungan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan.

Kelima, di bidang ketahanan pangan yaitu mendorong kemandirian pangan, akses pangan, dan mutu pangan.

Keenam, pada bidang perluasan industri hilir yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah dan kesempatan kerja.

Terakhir, di bidang penguatan investasi yang bertujuan untuk meningkatkan daya tarik investasi serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas, jelasnya. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel