Bisnis.com, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menaruh harapan kepada tiga wakil menteri yang resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti diketahui, Istana Pemerintah telah melantik tiga wakil menteri di akhir masa kepemimpinan Jokowi. Ketiga wakil menteri tersebut antara lain Thomas Giovandano II, anggota gugus tugas sinkronisasi Prabowo Gibran dan Bendahara Partai Grindra, sebagai wakil menteri keuangan.

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono Harvich ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pertanian menggantikan Hasanul Golbi. Selain itu, Yuliot Tanjong mendampingi Bahleel Lahadalia sebagai Wakil Menteri Investasi.

Ketua Kadin Arsjad Rasjad mengatakan pihaknya siap mendukung penuh ketiga wakil menteri baru dalam menjalankan tugasnya untuk pembangunan perekonomian nasional dan daerah.

Arsjad mengatakan, Kamis (18/7/2024): Kadin Indonesia mengucapkan selamat atas pelantikan tiga wakil menteri baru.

Kadin, Arsjad mengatakan, ketiga wakil menteri baru tersebut berharap dapat menjalankan tugasnya dengan baik di tengah kondisi perekonomian yang sulit seperti konflik geopolitik yang mengancam melemahnya rupee dan dampaknya terhadap stabilitas perekonomian serta perubahan iklim yang mengancam ketahanan pangan nasional.

Kadin juga berharap Wakil Menteri Investasi [Juliet Tanjong] dapat meningkatkan investasi asing di Indonesia untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Thomas dan dua wakil menteri baru yakni Wakil Menteri Pertanian Sodarino dan Wakil Menteri Investasi Joliot kemudian dilantik oleh Presiden Jokowi. Tiga di antaranya resmi menjabat sebagai wakil menteri selama tiga bulan terakhir pemerintahan Presiden Ma’ruf Amin yang terkenal itu.

Tomas Prabowo Subianto Gibran merupakan anggota Satgas Koordinasi Pemerintahan Rockabombing. Keponakan Prabowo ini bertugas memimpin koordinasi kebijakan, khususnya ekonomi dan keuangan, antara pemerintahan saat ini dan pemerintahan berikutnya.

Apalagi, Sodarino kini resmi menjabat Wakil Menteri Pertanian pada tiga bulan terakhir pemerintahan Jokowi-Maarouf Amin. Ia akan didampingi Menteri Pertanian Andy Imran Sulaiman yang ditunjuk Presiden Jokowi menggantikan Syahrul Yassin Limpo kurang dari setahun lalu.

Sebelumnya, politikus Gerindra masuk dalam radar partainya untuk ikut serta dalam Pilkada Jawa Tengah. Namanya juga sempat diperbincangkan oleh mitra koalisi Jarindra, Partai Nasionalis (PAN) yang berkuasa pada Pilpres 2024.

Belakangan, Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjong yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pengembangan Lingkungan Hidup Kementerian Investasi/BKPM memberikan sambutan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel