Bisnis.com, JAKARTA – Jika berbicara orang terkaya di dunia, nama-nama seperti Elon Musk, Jeff Bezos, Bernard Arnault & keluarga, hingga Mark Zuckerberg pasti akan muncul.

Namun, ternyata jauh sebelum mereka, ada seorang wanita yang lebih kaya.

Menurut Times of India, Permaisuri Tiongkok, Wu Zetian dari Dinasti Tang, memiliki kekayaan sekitar 16 triliun dolar, yang jika digabungkan bisa mengalahkan kekayaan bersih orang terkaya di dunia.

Permaisuri Wu Zetian adalah orang yang memiliki kekuatan politik bersama wanita terkenal seperti Joan of Arc, Ratu Elizabeth I, dan Catherine yang Agung. 

Dikenal sebagai Permaisuri Wu, dia adalah wanita terkaya di dunia yang pernah ada dan mengumpulkan kekayaan luar biasa, melalui teknik yang cerdas, dan keputusan yang kejam, termasuk membunuh anak-anaknya sendiri, seperti yang dijelaskan dalam Asian Review.

Meskipun ia dipuji atas beberapa keputusan seperti pengurangan pajak petani yang membantu meningkatkan produksi pertanian dan pendapatan negara, ia juga mengambil banyak keputusan kontroversial.

Dia juga sangat kejam terhadap musuh nyata dan khayalannya. Namun, ia berkontribusi besar terhadap perluasan kerajaan Tiongkok selama 15 tahun pemerintahannya dari tahun 690 M hingga 705 M.

Wu Zetian lahir pada tahun 624 M, di Provinsi Shanxi, dalam keluarga pedagang kayu kaya. Ayahnya dekat dengan Li Yuan, yang akhirnya menjadi Kaisar Gaozong dari Dinasti Tang dan ini memberinya kesempatan untuk menjalin hubungan dekat dengan keluarga kerajaan. 

Permaisuri Wu konon tertarik pada sastra sejak kecil, dan pada usia 14 tahun, ia diangkat menjadi sekretaris di Istana Tang, mendapatkan kesempatan bekerja di bawah Kaisar Taizong.

Selanjutnya kematian kaisar membawanya ke biara Buddha dan membuatnya memiliki hubungan dengan kaisar. Namun, hubungannya dengan Kaisar Gaozong, putra mendiang kaisar dan raja muda, membawa perubahan tak terduga ketika dia kembali ke istana sebagai permaisuri.

Melalui kelicikannya, ia dengan cepat menggulingkan Ratu Wang dan naik takhta sebagai permaisuri pada tahun 655.

Titik balik besar baginya adalah ketika Kaisar Gaozong mempercayakan pemerintahan kerajaannya kepada permaisuri setelah kesehatannya memburuk dan dia mulai jatuh sakit.

Maka dimulailah pemerintahan bersejarah yang menjadikannya wanita pertama dan satu-satunya yang memerintah Tiongkok. Permaisuri Wu dikenal karena banyak langkah kesejahteraan yang juga meningkatkan perdagangan, seperti menurunkan pajak dan membuka kembali Jalur Sutra untuk perdagangan.

Wu Zetian meninggal pada tahun 705 dan penyebab pasti kematiannya tidak diketahui. Saat meninggal, ia berusia 81 tahun dan menderita berbagai penyakit. Dia diduga meninggal karena komplikasi penyakit sebelumnya dan usia tua.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel