Bisnis.com, JAKARTA – Jelang berakhirnya masa jabatannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan 2 proyek baru sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Jadi presiden total mengeluarkan 16 PSN baru.

Dua proyek yang mendapat tanda PSN baru adalah proyek sistem pembayaran tol contactless cashless atau Multi Lane Free Flow (MLFF) dan program pengembangan industri pariwisata yang diusulkan langsung oleh holding BUMN InJourney.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan Multi Lane Free Flow (MLFF) resmi masuk dalam 16 daftar PSN baru yang ditetapkan pemerintah.

“16 proyek strategis nasional (NSP) baru tersebut terdiri dari 14 proyek dan dua program,” kata Susi, Selasa (14/05/2024) di Jakarta.

Susi menjelaskan, penunjukan MLFF sebagai PSN diusulkan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Selain MLFF, pemerintah telah menetapkan program pengembangan pariwisata yang diusulkan langsung oleh holding BUMN In Journey.

“16 proyek dan program ini berasal dari sektor daerah, ada pariwisata, ada jalan tol. Sedangkan program pertama mengacu pada MLFF atau Multi Lane Free Flow yang diusulkan Kementerian PUPR. untuk pengembangan pariwisata disarankan BUMN mengadakan In Journey,” ujarnya. Berikut daftar 16 PSN baru yang resmi ditunjuk pemerintah: Pengembangan Konsep Tropis Pantai Indah Kapuk Pengembangan Kawasan Industri Wiraraja Proyek Pulau Galang Proyek Pengembangan Hub Utara Kalimantan Timur Pengembangan Kawasan Industri Bawah Laut Kawasan Industri Neo Energy Parimo Sulawesi Tengah Kawasan Industri Patimban Subang Kawasan Industri Pengembangan Kawasan Industri Giga Industrial Park, Sulawesi Tenggara Pengembangan Kawasan Industri Resource Kolaka, Sulawesi Tenggara Pengembangan Stargate Kawasan Industri, Sulawesi Tenggara Pengembangan Kawasan Pesisir Surabaya Pengembangan Kawasan Morowali Neo Energy, Sulawesi Tengah Pengembangan Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD) Industri Pengembangan Kawasan Pengembangan Estate Toapaya Bintan, Pembangunan Jalan Tol Riau di Jalan Pelabuhan II, Jakarta Utara Pengembangan Jalan Tol di Kota Bandung Program Pertumbuhan Industri Pariwisata dan Penerbangan dengan informasi peningkatan konektivitas udara dalam rangka program pertumbuhan industri pariwisata dan penerbangan untuk pengoperasian jalan dan modernisasi dengan pengumpulan tol dengan informasi penerapan Multilane Free Flow (MLFF) untuk pengoperasian dan modernisasi

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel