Bisnis.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan distribusi air bersih di Ibu Kota Negara (IKN) jelang Hari Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Menteri PUPR sekaligus Wakil Kepala Badan Otorita IKN, Basuki Hadimuljono menjelaskan, pihaknya telah melakukan uji aliran air ketiga dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku ke waduk utama IKN di tingkat atas.

Hasil tes menunjukkan hasil positif dan mereka mampu menyalurkan air minum bersih langsung ke Pusat Pemerintahan Daerah (KIPP). 

“Ini air minum, bukan sekedar air bersih. Air dari kran apartemen dan rumah di IKN bisa langsung diminum. Kami akan terus mengecek kualitas airnya sebelum masuk ke waduk. air minumnya akan digunakan dalam beberapa hari mendatang,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (24/7/2024). 

Basuki mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan penyiapan sistem dan jaringan serta memantau secara ketat kualitas air pada jaringan pipa untuk memastikan kualitas air minum bersih memenuhi standar sanitasi yang sesuai. 

Pada tahun Pada akhir Juli 2024, Spam Sepaku diharapkan dapat memulai pelayanan penuh terhadap gedung dan gedung di IKN. 

Sebagai referensi, Sepaku Spam terdiri dari WTP berkapasitas 300 liter per detik, pipa transmisi sepanjang 16 km, reservoir, dan pipa distribusi sepanjang 22 km. 

SPAM Sepaku Tahap 1 diperuntukan untuk melayani Kantor Kepresidenan dan Istana, Kantor Kementerian Luar Negeri, PASPAMPS, Gedung Kementerian Koordinator 1, 2, 3 dan 4, Auditorium, Galeri, Area Pelayanan, Wisma ASN, Kementerian Luar Angkasa (RTJM) dan yang lain. adalah. Fasilitas umum seperti hotel, sekolah, pertokoan dan rumah sakit. 

Kabar selesainya proses distribusi air bersih untuk IKN ini menyusul pemecatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari jabatannya pada Juli lalu karena kekurangan air bersih di IKN.

“Airnya sudah siap? Listriknya sudah siap? Tempatnya sudah siap? Kalau sudah siap, pindah saja,” kata Jokowi belum lama ini. 

Setelah selesainya pendistribusian air bersih di IKN, Menteri Basuki mengatakan orang nomor 1 di Indonesia itu akan mulai berangkat ke IKN pada awal Agustus 2024. 

“Pak Jokowi tanggal 4 sampai 8 Agustus 

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan Saluran Tontonan