Bisnis.com, XAKARTA – PT Jakarta Proertindo (Perseroda) atau Jakpro melaporkan pembangunan proyek LRT Jakarta Velodrome-Manggarai Fase 1B telah mencapai 22,4% pada pertengahan Juli 2024.

Project Manager LRT Jakarta Fase 1B Ramdani Akbar menjelaskan, saat ini sedang berlangsung kemajuan signifikan pada suprastruktur, khususnya pada kilometer pertama. Selain itu, sedang dilakukan pekerjaan pondasi atau substruktur dan beberapa pekerjaan suprastruktur juga sedang dilakukan. 

Total dibangun 44 pilar atau kolom dan dipasang 41 pilar.

Progres pembangunan ini menunjukkan deviasi positif. Target awal 21,9%, nyatanya sudah 22,4%, jelas Ramdani di Proyek Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B di Jalan Pemuda, Jakarta, Kamis (18//2018). . ). 7/2024)

Sedangkan Jakpro menargetkan penyelesaian pembangunan Tahap 1B pada Agustus 2026.

Ramdani mengatakan, prioritas perseroan saat ini adalah pengerjaan pada kilometer pertama. Pasalnya, Jackpro menargetkan bisa meninjau sekitar 1,1 km jalur kereta api atau track yang menghubungkan Stasiun Velodrome dan Stasiun Rawamangun.

Dikatakannya, uji coba jalan ini ditargetkan selesai pada September 2024. Ramdani juga menegaskan, ini bukan operasi komersil di Stasiun Rawamangun, melainkan hanya uji coba.

“Jadi pada September 2024 kita akan melakukan uji lintasan yang belum [beroperasional] komersial. Setelah uji coba, seluruh arsitektur stasiun akan kita selesaikan,” kata Ramdani.

Sebagai informasi, pemberhentian pertama LRT Jakarta Fase 1B menuju Manggarai adalah Stasiun Rawamangun. Pada tahap ini, LRT Jakarta mempunyai empat stasiun lagi yakni Stasiun BPKP Pramuka, Stasiun Pasar Perdana, Stasiun Matraman dan berakhir di Stasiun Manggarai dengan total panjang 6,4 km.

Sebelumnya, Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan LRT Jakarta Fase 1B menelan biaya Rp5,5 triliun. Dia mengatakan, seluruh dana pembangunan akan digunakan APBD DKI Jakarta. 

Jika digabungkan dengan jalur LRT Fase 1A, total jalur LRT Jakarta akan terbentang sepanjang 12,2 kilometer dengan 11 stasiun. Heru mengatakan jarak tersebut bisa ditempuh dalam waktu kurang dari setengah jam. 

Total rute LRT Jakarta Fase 1A dan 1B sepanjang 12,2 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 26 menit, kata Heru.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel