Bisnis.com, JAKARTA – Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Pulau (IKN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membagikan progres terkini pembangunan IKN jelang perayaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Ketua Pokja Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga memastikan sarana dan prasarana dasar seperti lapangan upacara, kantor presiden, dan prasarana perairan berada di IKN.

“IKN sudah mempunyai sumber air baku, selain itu ada sumber lain yaitu Bendungan Sepaku Semoi,” kata Danis dalam keterangan resminya dikutip Senin (22/07/2024). 

Danis merinci, kapasitas bendungan Sepaku mencapai 3.000 liter per detik, sedangkan bendungan Sepaku Semoi sendiri berkapasitas 2.500 liter per detik. 

Sedangkan sumber air baku yang akan disuplai ke IKN pada tahap pertama akan terlebih dahulu berasal dari Waduk Sepaku. 

Secara teknis, pendistribusian air baku menjadi air minum di IKN melalui proses pengolahan yang dialirkan melalui pipa sepanjang 16 kilometer ke kantor pusat pemerintahan IKN. 

“Selanjutnya akan disalurkan ke setiap petak di setiap gedung agar ada air bersih yang nantinya akan digunakan di IKN,” kata Danis.

Selain itu, Danis juga mengungkapkan, tiga ruas jalan IKN yang dikenakan tarif masuk rencananya mulai beroperasi pada 17 Agustus 2024. Rinciannya adalah seksi 3A, 3B, dan 5A dengan progres rata-rata 90%. 

Jika ketiga tol fungsional tersebut digunakan, waktu tempuh antara Balikpapan dan KIPP IKN bisa ditekan menjadi hanya 1 jam dibandingkan 2,5 jam tanpa menggunakan tol.

“Kalau dari Balikpapan dua setengah jam, kalau dari jalan fungsional sekitar satu setengah jam, jadi kita hemat satu setengah jam.” “Saya berharap tanggal 17 Agustus bisa selesai,” kata Danis. 

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pj Kepala Pengurus IKN Basuki Hadimulyono meninjau kesiapan infrastruktur IKN jelang perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Salah satu infrastruktur yang diperiksa kesiapannya adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku pada Jumat (19/7/2024). Pada 17 Agustus telah dilakukan pemeriksaan terhadap pasokan air bersih ke IKN.

Basuki mengatakan, air bersih untuk IKN didatangkan dari Sungai Sepaku, diolah di SPAM Intake Sepaku dan disalurkan ke seluruh unit di nusantara.

“Pemeriksaan ini merupakan bagian penting untuk memastikan seluruh fasilitas yang diperlukan dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia agar upacara dapat berjalan dengan lancar dan sukses.” – kata Basuki, Minggu (21 Juli 2024).

Pada saat yang sama, mis. Raja Juli Antoni, Wakil Kepala Bagian Tata Usaha IKN, menekankan pentingnya menyiapkan sarana dan prasarana air bersih.

“Kebutuhan air bersih sangat penting untuk mensukseskan upacara perayaan HUT RI ke-79 di negara kepulauan ini.” Oleh karena itu, kesiapan tersebut perlu diwaspadai dan menjadi perhatian utama bagi pembangunan, terutama yang terjadi saat ini. Rekan-rekan PUPR di Kementerian berkhianat”-ucapnya.

Selain meninjau unit intake kompleks SPAM Intake Sepaku, kedua petugas juga meninjau pompa SPAM yang mengalirkan air dari tangki ke tempat pengolahan filtrasi yakni Instalasi Penjernihan Air (IPA).

Basuki dan rombongan kemudian meninjau tangki air olahan SPAM Intake Sepaku yang terletak di Kawasan Pusat Pemerintahan (KIPP). Air dari tangki ini didistribusikan ke seluruh unit KIPP.

Kunjungan kerja ini akan dilanjutkan dengan peninjauan lebih lanjut terhadap sarana dan prasarana yang ada di Kawasan Pusat Pemerintahan (KIPP) pada akhir minggu kedua bulan Juli.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono menyatakan air bersih sudah mulai mengalir di IKN. Oleh karena itu, ia mendekati IKN untuk menyelidiki masalah tersebut.

“Kalau malam ini [airnya jernih], semuanya akan jernih, jadi saya akan ke sana dan memeriksanya,” tutupnya.

Lihat berita dan artikel lainnya dari Google Berita dan saluran VA