Bisnis.com, JAKARTA – Siapa sangka kerajinan tangan bisa mendatangkan keuntungan bagi masyarakat?

Barang dan produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik dan mempunyai nilai pasar yang tinggi di kalangan masyarakat.

Kerajinan tangan merupakan kegiatan buatan manusia yang menggunakan bahan baku dari lingkungan.

Hasil kerajinan ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan berbagai barang dan produk yang berkualitas.

Beragam kerajinan dapat ditemukan di media sosial, platform online, dan usaha kecil menengah di kawasan tersebut.

Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp15.000 hingga Rp200.000. Dari harga jual tersebut, semua produk buatan tangan mempunyai nilai jual dan keuntungan yang banyak.

Karya yang dilakukan oleh para perajin mampu mengatasi permasalahan degradasi lingkungan.

Bahan dasar yang digunakan berasal dari kertas daur ulang, kain atau sampah plastik daur ulang.

Apa saja hasil yang dapat dihasilkan oleh masyarakat sebagai pekerja kasar? Shopify.com dan craftwithsarah.com melaporkan jenis kerajinan yang dapat dikembangkan dan dimonetisasi: 1. Bunga kertas

Bunga kertas atau bunga kertas merupakan salah satu peluang usaha yang mudah bagi masyarakat.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan mudah, yaitu dengan memiliki ilmu untuk membuat desain yang diinginkan pelanggan.

Bisnis bunga kertas ini sudah menjadi tren yang diikuti banyak orang.

Beberapa orang beralih membeli bunga kertas daripada bunga asli karena tahan lebih lama.

Harga yang ditawarkan juga tergolong murah, hanya berkisar Rp 20.000 hingga Rp 75.000 saja. 2. Lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi merupakan salah satu kerajinan tangan yang bisa dibuat oleh banyak orang. Sebelum wabah Covid-19 melanda Indonesia, metode lilin aromaterapi banyak dicari dan dipraktikkan oleh banyak orang.

Platform online ini menawarkan beragam rasa dan format dengan kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 150.000. Perbedaan Harga ini bervariasi tergantung pada peralatan asli dan area yang digunakan.

Jika Anda tertarik mencoba usaha ini, cukup sediakan bahan dasar lilin, aromaterapi, parfum, piring, dan tali sebagai penyangga. Manfaatkan media sosial untuk mempelajari tips dan trik jitu menghasilkan lilin berkualitas.

Anda bisa menjual produk tersebut melalui media sosial Instagram, Tiktok atau platform online lainnya. 3. Tas bagasi

Tas kain merupakan salah satu produk yang banyak digemari. Fungsi produk ini berkualitas baik untuk memudahkan masyarakat membawa perlengkapan sehari-hari.

Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai desain, model dan jenis tas ransel yang akan dibuat.

Jika Anda tidak tahu cara menjahit, gunakan cara lain dengan merekrut atau fokus pada pengembangan digital printing. Anda dapat meningkatkan keterampilan melukis Anda dengan tas berisi barang untuk dijual.

Tote bag bisa dijual mulai Rp 25.000 hingga Rp 80.000 dengan berbagai desain dan bentuk. 4. Mengikat baju dan kain

Tie-dye adalah suatu metode pembuatan produk yang menggunakan bahan dasar kain berwarna putih beserta warna-warna khusus pada pakaian. Tren ini mulai populer pada tahun 2018 dan banyak orang yang memanfaatkannya sebagai peluang bisnis.

Tidak memerlukan biaya yang besar dan kemudahan dalam membuat pola menjadi alasan banyak orang memulai usaha pewarnaan.

Anda bisa menjual produk tersebut berdasarkan kualitas kain yang digunakan. Pada kategori standar dijual dengan harga Rp 35.000-50.000 dan pada kategori premium dengan harga Rp 75.000-100.000.

Dari pembelian ini, Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup untuk mengembangkan bisnis Anda di masa depan. 5. Gelas atau Mug Keramik

Mug merupakan suatu produk yang terbuat dari tanah liat. Jika Anda memiliki keterampilan yang tepat dalam mengolah tanah liat dan desain yang menarik, opsi ini cocok untuk bisnis berkelanjutan. Kaca merupakan salah satu material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai fungsional yang tinggi.

Usaha ini bisa dikembangkan bersama, menghasilkan produk yang berkualitas. Bawa semua keterampilan melukis, mencetak, dan pemasaran Anda ke tangan pelanggan.

Kunjungi Google Berita dan Saluran WA untuk berita dan artikel lainnya