Bisnis.com, JAKARTA – Timnas U19 Australia mencetak kemenangan besar melawan Laos U19 pada laga pertama Grup B Piala AFF U19 yang berlangsung Kamis (18/18) di Stadion 10 November. 07/2019, 2024).

Timnas Laos U19 mendapat peluang pertamanya mencetak gol dari sepak pojok pada menit ketiga. Namun tendangan Songkan Liyasaka di depan gawang meleset.

Australia membuka keunggulan melawan Laos pada menit ke-16, diawali dengan permainan Quintal yang tidak bisa diblok bek Laos, kemudian Arion Sulemani memanfaatkan bola liar dan mencetak gol melalui tendangan mendatar.

Sulemani kemudian mencetak gol keduanya pada menit ke-26 dengan pergerakan lambat ke arah gawang usai menerima umpan dari sisi kanan.

Penjaga gawang Laos Kop Lokphathip melakukan penyelamatan fenomenal usai menepis tendangan bebas Australia pada menit ke-44.

Kop Lokphathip harus merebut bola untuk ketiga kalinya setelah kapten Australia Marcus Younis mencetak gol di penghujung babak pertama untuk membawa Australia unggul 3-0.

Australia menambah tiga gol lagi di babak kedua, dimulai pada menit ke-73 melalui gol Younis.

Meski unggul 4-0, Australia terus menggempur pertahanan Laos. Najdovski kemudian mencetak gol kelima Australia untuk mengubah skor menjadi 5-0 pada menit ke-89.

Najdovski pun mencetak dua gol di masa tambahan waktu babak kedua, melalui tembakan jarak jauh ke sudut kiri gawang Laos yang tak mampu diblok Lokphathip. Skor 6-0 hingga akhir.

Kemenangan atas Laos membawa Australia memuncaki klasemen Grup B Piala AFF U-19 dengan tiga poin, sementara Laos duduk di posisi terbawah klasemen dengan nol poin. Skuad Laos U19 untuk pertandingan melawan Australia U19: Laos U19:

Kop Lokphathip, Keivisone, Thapaseut, Keomoungkhhoun, Phoumsavanh, Keohanam (C), Phanthavong, Soundala, Ackhavong, Panyavong, Songkan Liyasak Australia U19:

Peraic-Cullen, Zachary De Jesus, Hollingdale, Marcus Younis (tengah), Talladira, Sulemani, Quintal, Williams, Bugarija, Leonard, Hoey

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel