Bisnis.com, JAKARTA – Hari Keluarga Sedunia diperingati setiap tanggal 15 Mei sebagai upaya mempererat tali silaturahmi antar anggota keluarga.

Dilansir parent.firstcry.com dan Marriage.com pada Rabu (15 Mei 2024) Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti masalah keluarga dan langkah-langkah yang dapat diambil oleh individu, komunitas, dan pemerintah untuk mengatasinya.

Hari Keluarga Internasional dimulai pada tahun 1993. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan resolusi yang menunjukkan tekad organisasi tersebut untuk mendorong kualitas hidup dan kemajuan sosial yang lebih baik bagi keluarga di seluruh dunia.

Akhirnya pada tahun 1994, PBB secara resmi mendeklarasikan tanggal 15 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Keluarga Internasional, sebagai respon terhadap perubahan struktur ekonomi dan sosial yang mempengaruhi stabilitas dan struktur keluarga di berbagai belahan dunia. .

Lambang Hari Keluarga Internasional terdiri dari lingkaran hijau, rumah berwarna merah, dan hati di tengah lingkaran. Simbol ini memiliki makna yang kuat, menunjukkan tempat aman dan dukungan yang diberikan keluarga kepada seluruh anggotanya. Tema hari keluarga sedunia

Setiap tahun, PBB menetapkan tema berbeda untuk Hari Keluarga Internasional, dengan mempertimbangkan permasalahan dan tantangan yang dihadapi. Pada tahun 2024, tema yang diangkat adalah ‘Keluarga Membangun Masa Depan Berkelanjutan’.

Berikut adalah tema-tema dari tahun-tahun sebelumnya:

– 2023: Sifat dan cara berkeluarga

– 2022: Keluarga dan urbanisasi

– 2021: Keluarga dan teknologi baru

– 2020: Keluarga dalam pembangunan: Kopenhagen dan Beijing+25

– 2019: Keluarga dan aksi iklim: fokus pada SDG1

– 2018: Keluarga dan Komunitas Inklusif

– 2017: Keluarga, pendidikan dan kesejahteraan

– 2016: Keluarga, hidup sehat, masa depan stabil

– 2015: Siapa yang bertanggung jawab? Kesetaraan gender dan hak anak dalam keluarga modern

– 2014: Keluarga sangat penting dalam mencapai tujuan pembangunan. Pentingnya Hari Keluarga Internasional

Pentingnya merayakan hari keluarga adalah membuka kesempatan bagi kedua orang tua dan saudara kandung untuk lebih dekat dengan anggota keluarganya. Selain itu, upacara ini juga dapat digunakan untuk menghormati anggota keluarga dengan berbagai cara, mulai dari rasa syukur hingga amal shaleh.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan antara lain:

1. Bicaralah dengan keluarga Anda

2. Masak bersama

3. Ambil foto yang sempurna bersama keluarga Anda

4. Tonton film

5. Pertanian

6. Mainkan olahraga tim

7. Istirahatlah

8. Piknik

(Nur Afifah Azahra Aulia)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.