Bisnis.com, Jakarta – Sebuah penelitian terbaru di Inggris menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi makanan berbahan kedelai memiliki kemampuan pemecahan masalah, retensi, dan perhatian yang lebih baik.

Menurut penelitian terbaru, anak-anak yang mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai menunjukkan kemampuan kognitif yang lebih baik, seperti pemecahan masalah dan daya ingat, karena adanya isoflavon.

Dari segi ekspresi, isoflavon merupakan senyawa alami yang terdapat pada tumbuhan seperti kedelai.

Hasil penelitian tersebut dipaparkan oleh Ajala Bristina, seorang mahasiswa doktoral ilmu saraf di Universitas Illinois di Urbana-Champaign yang meneliti efek kedelai pada otak anak-anak.

Tim peneliti menganalisis data 128 anak berusia antara 7 dan 13 tahun, menggunakan berbagai tes untuk membandingkan pola makan dengan kemampuan mental mereka.

Sedangkan eksperimen yang dilakukan meliputi pencatatan perhatian, kecepatan, dan gelombang otak.

Konsumsi kedelai setiap peserta berkisar antara 0 hingga 35 mg/hari. Satu porsi susu kedelai 8 ons mengandung sekitar 28 miligram isoflavon.

Selain itu, satu porsi tahu menyediakan sekitar 35 mg setengah cangkir isoflavon, dan edamame kukus menyediakan sekitar 18 mg isoflavon.

Eksperimen ini mengungkapkan bahwa anak-anak yang rutin mengonsumsi produk kedelai memberikan perhatian lebih dan memproses informasi lebih cepat.

Selain itu, para peneliti kini telah memulai uji klinis untuk menyelidiki lebih lanjut efek kedelai terhadap kognisi, hormon seks, kesehatan metabolisme, dan usus. Di bawah ini tercantum beberapa makanan berbahan dasar kedelai yang dapat memberikan manfaat bagi otak anak-anak: 1. Tahu

Bahan serbaguna ini mudah ditemukan dan dapat digunakan dalam berbagai masakan, mulai dari menumis hingga diblender menjadi smoothie. Tahu juga tersedia dalam berbagai tekstur, seperti tahu halus, lembut, atau keras, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan selera bayi Anda. 2. Edamame

Kedelai muda ini bisa direbus dan diasinkan untuk sarapan atau ditambahkan ke salad, sup, dan hidangan nasi. 3. Susu kedelai

Sebenarnya bukan susu, susu atau susu kedelai merupakan alternatif yang bagus untuk susu sapi dan dapat digunakan dalam sereal, kopi, smoothie, dan kue. 4. Suhu

Produk fermentasi kedelai ini memiliki tekstur yang kaya dan rasa pedas, cocok untuk menumis, memanggang, mengukus, atau masakan lainnya yang disukai anak-anak. 5. Pasta miso

Pasta kedelai yang difermentasi ini banyak ditemukan pada masakan khas Jepang. Pasta ini biasanya digunakan dalam sup, acar, dan saus salad.

Lihat berita dan artikel lainnya dari Google News dan WA Channel