Bisnis.com, JAKARTA – Jika melihat rekor head-to-head, Inggris menang dengan margin kekalahan dibandingkan rekor dan statistik Spanyol.

Spanyol dan Inggris akan bertemu di laga puncak Euro 2024, pada Senin 15 Juli 2024 pukul 02:00 WIB. 

La Roja adalah pemimpin liga pada tahun 2024. Mereka menampilkan sepak bola menyerang yang sangat baik dan menyingkirkan beberapa klub kelas berat Eropa dalam perjalanan mereka ke final.

Spanyol berpartisipasi di final Eropa untuk kelima kalinya dalam sejarah. Raksasa ini telah memenangkan tiga dari empat penampilan terakhir mereka dan hanya kalah dari tuan rumah Prancis di Kejuaraan Eropa 1984.

Di sisi lain, tim Inggris asuhan Gareth Southgate menghadapi banyak tantangan sulit sebelum lolos ke putaran final Euro 2024.

The Three Lions harus mengandalkan aksi heroik Ollie Watkins di akhir kemenangan 2-1 atas Belanda.

Finalis Euro 2020 Inggris berturut-turut mencapai final kontinental dengan cara yang dramatis. Namun jika menilik sejarah, tim tiga singa itu meraih kemenangan cepat atas Spanyol.

Hingga saat ini, Spanyol dan Inggris sudah bertemu sebanyak 27 kali di berbagai turnamen.

Dalam 27 pertemuan sebelumnya, Inggris mengungguli Spanyol dengan menang 14 kali, seri 3 kali, dan kalah 10 kali.

Pertandingan kedua negara sangat jarang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat final Euro 2024 bertemu untuk pertama kalinya dalam enam tahun lebih.

Sejak pergantian milenium, La Roja rutin mengalahkan Inggris, hanya kalah tiga kali dari sembilan pertandingan.

Sementara itu, mengacu pada statistik Soccerway, Inggris juga mencetak gol yang sangat efektif ke gawang Spanyol. Gawang tim Matador itu kebobolan Inggris sebanyak 45 kali.

Jangan lupa, Inggris baru kebobolan 32 gol dari pemain Spanyol.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel