Bisnis.com, BALIKPAPAN – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono melalui kuasa hukumnya mengajukan banding atas keputusan Komisi Informasi Pusat (KIP) terkait kasus keterbukaan informasi proyek air dan kota. spons. di Nova Capital.

Banding ini diajukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta (PTUN) dengan nomor perkara 131/G/KI/2024/PTUN JKT.

Dinamika Jatam Kaltim Mareta Sari mengatakan, keputusan KIP yang sebelumnya menang untuk JATAM Kaltim, memerintahkan pembukaan mengenai transparansi proyek yang memuat beberapa dokumen proyek, termasuk salinan dokumen utama persetujuan pembangunan. bendungan dan waduk di Sepaku Semoi. Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Bagian lainnya seperti salinan dokumen teknis pembangunan bendungan Sepaku Semoi, jaringan pipa intake dan transmisi sungai Sepaku Semoi, masih dirahasiakan dan disembunyikan oleh Menteri PUPR dengan dalih melanggar hak milik. hak. intelektual dan terciptanya persaingan usaha yang merugikan kesehatan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (5/8/2024).

Mareta mengatakan, proyek air yang diklaim pemerintah sebagai langkah menuju kota ideal dengan prinsip smart city, forestry, dan sponge city justru berpotensi melanggar HAM dan merugikan interaksi sosial ekonomi masyarakat suku Balik.

“Puluhan keluarga suku kehilangan akses terhadap Sungai Sepaku sehingga mengakibatkan kesulitan mendapatkan air sehari-hari,” ujarnya.

Mareta mengungkapkan, JATAM Kaltim bertemu dan menyampaikan temuan dugaan pelanggaran HAM dan kejahatan informasi dengan Wakil Menteri Hubungan Ekonomi Luar Negeri Belanda, Michiel Sweers, pada 26 April 2024, di Balikpapan, saat rombongan pemerintah Belanda mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Kepulauan.

Menurutnya, proses hukum yang telah berlangsung hampir 1,5 tahun ini menunjukkan pentingnya akuntabilitas dalam urusan publik.

Oleh karena itu, proses informasi yang diperoleh JATAM Kaltim menunjukkan bahwa konsep Smart, Forest, dan Sponge City semuanya berada di atas rencana penyembunyian informasi publik, tutupnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan saluran WA