Bisnis.com, JAKARTA – Spanyol mengalahkan Prancis 2-1 pada leg pertama semifinal Euro 2024. Spanyol bangkit dari ketertinggalan 1 gol dan membalikkan keadaan.

Spanyol menghadapi Prancis pada semifinal Euro 2024 di Allianz Arena/Munich Soccer Arena dini hari tanggal 10 Juli 2024.

Spanyol bangkit dari ketertinggalan 2-1 melawan Prancis di babak pertama. Les Bleus unggul lebih dulu melalui gol Randal Kolo Muani (9′), sebelum Spanyol menyamakan kedudukan melalui gol Lamine Yamal (21′) dan Dani Olmo (25′).

Kedua tim saling menyerang sejak peluit pertama dibunyikan. Spanyol memainkan bola berdasarkan serangan sayap.

Spanyol mendapatkan peluang pertamanya pada menit kelima. Sundulan Fabian Rui menyambut umpan Lamin Yamal terus melambung.

Spanyol aktif menyerang, namun Prancis berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-9.

Berdasarkan aksi Kylian Mbappe di kotak penalti, bola dikirim ke Randal Kolo Muani yang dengan cepat menyundul bola ke arah tiang jauh. 1-0 Prancis memimpin.

Tertinggal 1 gol, Spanyol bermain lebih sabar dan berusaha mengurung pertahanan Prancis. Namun keunggulan Prancis tak berubah hingga menit ke-15 pertandingan berjalan.

Prancis melancarkan serangan balik pada menit ke-19. Akselerasi Mbappe diakhiri dengan tembakan kaki kanan yang diblok bek asal Spanyol itu.

Spanyol membalasnya pada menit ke-21. Yamal dengan cerdik melihat posisi kiper Prancis Mike Mainan keluar dari gawangnya.

Dengan tendangan kaki kirinya, pemain termuda sepanjang sejarah Euro itu memasukkan bola ke sudut gawang. Hasil imbang Spanyol 1-1.

Empat menit berselang, La Furia Roja memimpin. Dani Olmo memanfaatkan kesalahan lemparan bek Prancis itu dan menemuinya di kotak penalti.

Tendangan Olmo ke tiang jauh dibelokkan oleh kaki bek Prancis Jules Conde. Gol ini dianugerahkan sebagai gol Dani Olmo.

Di pertengahan babak pertama, Spanyol memperlambat laju permainan untuk menarik pemain Prancis keluar dari pertahanannya.

Sebaliknya, Prancis menggunakan skema serangan balik berdasarkan kecepatan Ousmane Dembele dan Mbappe untuk menyerang sesekali.

Spanyol kembali mendapat peluang pada menit ke-36. Tendangan Fabian Ruiz dari susulan Yamal hanya berupa sepak pojok.

Di penghujung babak pertama, Prancis bermain keras dan menyamakan kedudukan. Sejumlah kesalahan dilakukan The Roosters yang menguntungkan Spanyol.

Spanyol masih unggul 2-1 dari Prancis di semifinal Euro 2024 saat wasit meniup peluit akhir babak pertama. Timnas Spanyol dan Prancis

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Jesus Navas, Nacho, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Rhodri, Fabian Ruiz, Dani Olmo; Lamin Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams.

Pelatih: Luis de la Fuente

Perancis (4-3-3): Mike Mainan; Jules Conde, Dayot Upamecano, William Lintasa, Theo Hernandez; N’Golo Kante, Aurelien Chouameny, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Randal Kolo Mouani, Kylian Mbappe.

Pelatih: Didier Deschamps

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA