Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mulai menerapkan sistem pembayaran nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) secara terbatas dari Single Free Flow (SLFF) pada tahun ini.

Direktur Jenderal Jalan Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra mengatakan penerapan SLFF perdana akan dilakukan di Tol Bali Mandara.

“Kita usulkan COD bulan Desember [tanggal operasi komersial], sekarang kita diskusi terus, mudah-mudahan bisa dicari jalan keluarnya yang terbaik,” kata Rachman saat berbicara di Tol Cimanggis – Cibitung, Selasa (9/7/2024) datang. bersama.

Rachman Arief menyatakan hingga saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai badan usaha (BUP) untuk program MLFF yang kini masuk dalam program strategi nasional (PSN).

Jika proses penerapan atau pengujian sistem SLFF di Tol Bali Mandara berhasil, Kementerian PUPR akan memperluas penerapan sistem pembayaran nirsentuh ke 7 ruas tol. 

Rinciannya adalah Jalan Bali Kota Mandara, Jalan Kota Balikpapan – Samarinda (Balsam), Jalan Kota Jagorawi dan Jalan Kota Jakarta – Cikampek (Japek). 

Setelah itu, Tol Soedijatmo, Tol Dalam Kota, dan Jalan Lingkar Luar Jakarta (JORR) 1 Kota juga masuk dalam daftar tol yang akan menerapkan MLFF pada awal masa transisi. 

“Uji coba pertama di Bali Mandara, kemudian tahap kedua di 7 bagian peralihan, tapi nanti kita lihat hasilnya dulu di Bali,” imbuhnya.

Namun Rachman belum bisa memastikan secara pasti kapan uji coba SLFF akan dimulai pada shift ke-7.

“Tentunya tanggal 7 setelah Desember, tapi bertahap nanti. Banyak, tapi teknis kemudahan lalu lintas di lapangan masih kita dalami,” tutupnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono optimis penerapan MLFF akan mulai berlaku pada tahun ini.

Saya berharap dan yakin MLFF bisa dilaksanakan tahun ini, tapi mungkin bukan MLFF secara langsung tapi SLFF, jelas Basuki dalam jumpa pers, Selasa (28/5/2024). 

Basuki juga mengungkapkan, penerapan SLFF pertama tahun ini masih menggunakan pembatas atau pembatas di pintu tol. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan hilangnya pungutan jalan tol yang diterima badan usaha jalan tol.

Informasi yang disampaikan BPJT, 7 ruas tol terpilih pada penerapan MLFF tahap pertama tersebar melalui Tol Trans Jawa, Tol Bali, dan Tol Kalimantan.

Rinciannya, ada 7 ruas tol antara lain Jalan Bali Kota Mandara, Jalan Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam), Jalan Kota Jagorawi, dan Tol Jakarta – Cikampek (Japek).

Setelah itu, Tol Soedijatmo, Tol Dalam Kota, dan Jalan Pelanggan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 juga masuk dalam daftar tol yang akan menerapkan MLFF pada awal masa transisi. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel