Bisnis.com, JAKARTA – Usai sukses IPO PT Superior Prima Sukses Tbk, Ketua Umum Avia Avian Hermanto Tanoko mengatakan akan memboyong dua perusahaan lagi ke Bursa Efek Indonesia pada tahun ini. (BLES).

Hermanto Tanoko menjelaskan, saat ini ada dua perusahaan yang sedang dalam pipeline. Kedua perusahaan tersebut rencananya akan tercatat di Bursa pada tahun ini.

“Tahun ini ada dua, satu untuk pendidikan dan satu lagi untuk bahan bangunan. Yang terpelajar sudah dapat uang, sudah dapat untung. Saya tidak akan masuk kalau mencuri,” kata Hermanto, Senin (8/7/2024) saat acara. pertemuan di gedung Bursa Indonesia.

Selain itu, Hermanto mengatakan IPO akan melepas 15-20% ke publik. Hermanto menargetkan IPO pada kuartal IV 2024, meski tidak merinci besaran program dan aset kedua perusahaan tersebut.

“Masih dibicarakan. Soalnya,” ucapnya.

Hermanto Tanoko sendiri memboyong delapan emiten ke Bursa. Emisi tersebut berasal dari berbagai industri seperti bahan bangunan, retail, dan air minum dalam kemasan (BWW). 

Berdasarkan catatan bisnis, portofolio Crazyrich Surabaya terdiri dari 5 industri.

Tanoko melalui grup Tancorp memiliki saham di perusahaan air mineral PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) mulai diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia pada 5 Mei 2017. PT Tancorp Global Abadi memiliki 6,69 miliar saham atau 55,79% saham, menurut pengajuan RTI.

Kemudian, PT Tancorp Global Sentosa juga memegang 2,53 miliar atau 21,09 persen seluruh saham. Keduanya menguasai produsen air mineral CLEO.

Disusul sektor properti yaitu PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE) telah didaftarkan pada 9 Juli 2018. Saat ini PT Tancorp Global Sentosa memiliki 8,78 miliar atau 80,3% saham dan merupakan pengendali RISE.

Lalu ada industri bahan konstruksi yaitu PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk. (CAKK), PT Avia Gush Tbk. (AVIA) dan PT Superiori Prima Sukses Tbk. (BLES).

PT Tancorp Bangun Indonesia sendiri menjadi pengendali CAKK yang tercatat pada 31 Oktober 2018 dengan total kepemilikan 752,6 juta saham atau 62,54%.

Sedangkan PT Avia Avian Tbk. (AVIA) akan menawarkan 6,20 miliar saham dengan harga Rp930 per saham pada 8 Desember 2023 dengan kepemilikan saham PT Tancorp Surya Sontosa sebesar 36,60%.

Kemudian di sektor ritel, PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO) Terdaftar pada 25 November 2021. Emiten yang bergerak di industri ritel bahan konstruksi. PT Tancorp Surya Sukses menjadi pengendali dengan 1,59 miliar saham atau 23,5% dari total saham.

Setelah itu PT Mega Perintis Tbk. (ZONE), retail fashion yang terkenal dengan merek Manzone-nya.

Crazy Rich Surabaya juga mencatatkan PT Penta Valent Tbk. (PEVE) telah didaftarkan sebagai Saham pada Januari 2023. PEVE adalah perusahaan distribusi produk farmasi dan konsumen.

__________

Penafian: Pengumuman ini tidak dimaksudkan untuk mengajak pembelian atau penjualan saham. Keputusan investasi sepenuhnya terserah pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang diakibatkan oleh keputusan investasi pembaca.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel