Bisnis.com, Jakarta – BT Central Asia Bank Tbk. (BBCA) akan menutup layanan draft banking untuk semua mata uang mulai 12 Agustus 2024.

Berdasarkan situs resminya, BCA sudah tidak bisa lagi menyediakan layanan penerbitan transfer bank. Pada saat yang sama, penghentian pembayaran dan pembatalan transfer bank masih dimungkinkan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan.

Bank yang berminat dapat menarik transfer bank yang masih terutang hingga masa berlaku transfer bank tersebut berakhir, tulis BCA di situs resminya beberapa waktu lalu.

Sedangkan layanan pembayaran transfer bank yang diterbitkan sebelum tanggal 12 Agustus 2024 akan tetap tersedia hingga tanggal 28 Februari 2025 atau hingga masa berlaku transfer bank berakhir.

Sedangkan wire transfer atau transfer kawat merupakan metode pembayaran yang mirip dengan cek. Jumlah uang yang dikeluarkan dijamin oleh bank penerbit dengan sumber uang berasal dari rekening bank penerbit.

Pengguna layanan biasanya meminta opsi untuk membayar melalui wesel untuk pembelian yang lebih besar, seperti uang muka saat membeli real estat.

Ketika Pengguna meminta layanan penarikan bank, Bank memastikan bahwa Pengguna memiliki dana yang cukup di rekening untuk membayar jumlah yang diminta. Bank kemudian menarik uang dari rekening tersebut dan mentransfernya ke rekening cadangan bank.

Langkah selanjutnya, bank menyiapkan cek atas nama pengguna dan jumlah uang yang dibayarkan kepada pihak ketiga atau penerima. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel