Bisnis.com, JAKARTA – Usia muda tidak menghilangkan peluang seseorang menjadi kaya raya dan menjadi miliarder. Hal ini dialami oleh John Collison yang menjadi miliarder berkat usahanya.

Menurut Forbes, sebagian besar miliarder muda yang masuk dalam Daftar Miliarder mendapatkan kekayaannya dari bisnis orang tua atau keluarganya.

Namun, John Collison baru berusia 33 tahun pada tahun ini dan kekayaan bersihnya mencapai 7,2 miliar dolar atau setara Rp 114 miliar dari gajinya sendiri.

John Collin lahir pada tanggal 6 Agustus 1990, dan dibesarkan di sebuah desa dekat Limerick, Irlandia, tempat orang tuanya mengelola sebuah hotel tepi danau.

Dia dan kakak laki-lakinya Patrick memperoleh kekayaan pada tahun 2007 ketika mereka menjual startup perangkat lunak manajemen eBay pertama mereka, Auctomatic, yang mereka dirikan bersama saudara laki-laki Harj dan Kulveer Taggar ketika John masih di sekolah menengah.

Setelah kuliah dan lulus dari Harvard, John dan saudaranya mendirikan Stripe pada tahun 2010, dengan investor termasuk Fidelity dan dana kekayaan negara Irlandia.

Stripe kemudian mendapat dukungan dari Elon Musk, Peter Thiel, Max Levchin, dan Sequoia Capital.

Pada bulan November 2016, Collison bersaudara menjadi miliarder termuda di dunia, dengan kekayaan setidaknya $1,1 miliar, setelah CapitalG dan General Catalyst menginvestasikan $9,2 miliar di Stripe.

Pada tahun yang sama, 2016, ia menduduki peringkat ke-15 dalam daftar pengusaha Amerika terkaya di bawah 40 tahun versi John Forbes.

Sebagai seorang dermawan, pada tahun 2018 Streep menyumbangkan $1 juta ke California YIMBY, sebuah organisasi lobi pembangunan perumahan yang dijalankan oleh Collison bersaudara.

Pada tahun 2021 dan 2022, Collison membeli Abbeyleix Estate dan Millbrook House, sebuah kawasan peristirahatan tetangga di County Laois, Irlandia. Dia mengklaim dibutuhkan biaya jutaan euro selama beberapa tahun untuk mengembalikan Millbrook House menjadi satu keluarga.

Kekayaan bersihnya kini mencapai $7,2 miliar, menjadikannya orang terkaya ke-379 di dunia.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel