Bisnis.com, Jakarta – Menteri Keuangan (MENKU) Bapak Mulyani Indrawati menegaskan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Hal itu disampaikan Shri Mulyani pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (7 April 2024).

Menurut Pak Mulyani, salah satu bentuk pemberian APBN adalah melalui Dana Abadi Pendidikan yang telah memberikan beasiswa kepada 45.496 orang selama 10 tahun terakhir di Lembaga Pengelola Wakaf Pendidikan (LPDP). Melalui beasiswa ini, putra-putri terbaik negeri kita dapat mengenyam pendidikan terbaik di berbagai universitas dalam dan luar negeri.

Shri Mulyani mengatakan, “APBN melalui pengembangan Dana Abadi Pendidikan telah memberikan beasiswa LPDP kepada 45.496 putra-putri terbaik negeri ini sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan yang lebih baik di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri.”

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Pak Mulyani mengatakan APBN bidang kesehatan telah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 37,2% pada tahun 2013 menjadi 21,5% pada tahun 2023.

Selain itu, APBN dinilai berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menurunkan angka kemiskinan dari 11,25% pada tahun 2014 menjadi satu digit 9,36% pada tahun 2023. 

Selain itu, angka kemiskinan ekstrem diperkirakan akan menurun dari 6,18% pada tahun 2014 menjadi 1,12% pada tahun 2023. Lanjutnya, “Promosi ini merupakan bagian dari berbagai prestasi yang telah kita raih bersama selama 10 tahun pemerintahan ini.”

Pak Mulyani menambahkan, capaian kinerja pemerintah tidak lepas dari dukungan DPR dalam memantau pelaksanaan APBN dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan dan pemantauan pembangunan.

Menurutnya, kerja sama tersebut harus terus diperkuat untuk mewujudkan hasil pembangunan yang terbaik bagi pembangunan negara dan bangsa.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.