Bisnis.com, Jakarta – PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA) menyelenggarakan Aksi Lingkungan Muda UI ke-13 (“The 13th UI YEA”) pada tahun 2024 bersama Departemen Lingkungan Hidup BEM Universitas, Indonesia.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 21-30 Mei 2024 di Desa Ujungjaya, Ujungkulon, Banten. Mengangkat tema “Menciptakan Perubahan, Menetapkan Keseimbangan”, program ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mendorong pelestarian lingkungan secara aktif yang dipimpin oleh semangat dan komitmen generasi muda.

Selain itu, program tersebut merupakan bentuk dukungan untuk memperkuat kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan 4 (pendidikan yang baik), 12 (konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab), 13 (menangani perubahan iklim) iklim. ), dan ke-14 (Ekosistem Laut).

YEA UI ke-13 ini memiliki serangkaian kegiatan yang diharapkan dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi warga wilayah binaan dan lingkungan hidup. Kegiatan tersebut antara lain pembersihan (pembersihan pantai) dan restorasi mangrove dengan penanaman bibit mangrove sebanyak 1000 bibit, workshop ekonomi sirkular atau pemberdayaan perempuan, pendidikan lingkungan hidup dan pengembangan bakat dan minat siswa, serta pembangunan dan renovasi. Fasilitas di dua sekolah.

Selain itu, rencananya antara lain pemberian sumbangan berupa makanan badak kepada Taman Nasional Ujung Kulon; Pertemuan YEA UI ke-13 sebagai kegiatan puncak dari keseluruhan rangkaian YEA sekaligus kegiatan rekomendasi laporan advokasi bagi para pemangku kepentingan dari investigasi yang dilakukan selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Sekretaris Perusahaan RAJA Uni Pattinasrani mengatakan pihaknya sangat senang dapat bekerjasama dalam inisiatif ini, karena inisiatif ini sejalan dengan rencana kerja perusahaan khususnya di bidang perbaikan lingkungan. Perusahaan meyakini dukungan yang diberikan dapat meningkatkan dampaknya dan menjangkau skala besar. Lebih lanjut, melalui kemitraan ini, perusahaan berharap dapat memberikan manfaat berkelanjutan serta dampak positif langsung bagi masyarakat lokal dan lingkungan sekitar.

Pada acara yang sama, Ketua Pelaksana UI YEA 13, Lucia Diandra juga menyampaikan terima kasih kepada perusahaan atas dukungannya dalam melaksanakan program tersebut. Diandra mengatakan, di era ini, generasi baru memegang peranan penting dalam upaya menjaga lingkungan. Dengan meningkatnya keterampilan teknologi dan kesadaran terhadap isu-isu lingkungan, generasi muda dapat menjadi agen perubahan melalui inovasi, advokasi dan tindakan yang efektif. Program ini merupakan salah satu langkah paling efektif yang dapat dilakukan generasi muda dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi bumi.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel