Bisnis.com, Jakarta – PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli mencatatkan peningkatan transaksi penjualan offline dan online alias omnichannel hingga dua kali lipat setiap tahunnya.

Head of Value Added Services Bubbley David Meacham mengatakan peningkatan transaksi ini sejalan dengan fitur klik dan kumpulkan di aplikasi Bubbley.

Diakui David, fitur klik dan kumpulkan baru dimulai pada tahun 2021 sehingga belum banyak membantu. Meski masih tergolong baru, David mengatakan jumlah transaksi melalui fitur klik dan kumpulkan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya.

“Tetapi mulai tahun 2021 hingga 2024, kami akan menggandakan jumlah transaksi klik untuk mengumpulkan pembelian di Ranch Market setiap tahunnya, di mana [fitur klik dan kumpulkan] belum ada sebelumnya,” kata David dalam ceria. Pertemuan media internal. Acara “Engaging the Future: Building a Future-Ready Ecosystem” di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

David mengatakan, sebelum fitur klik dan kumpulkan tersedia, para pelaku pasar peternakan harus proaktif menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan di masa pandemi. Namun, setelah Blibli memperluas ekosistemnya dengan mengakuisisi PT Supra Boga Lestari (RANC), anak perusahaan PT Djarum, Blibli, telah mengaktifkan integrasi seluruh klik dan saluran ke dalam aplikasi.

“Sekarang kami sudah punya platform di Blibli, stoknya kami jamin dan Anda bisa memilih mau diantar ke rumah atau diambil di lokasi Ranch Market,” imbuhnya.

Selain Ranch Market, David mengatakan beberapa mitra bisnis telah mengaktifkan fitur klik dan kumpulkan, artinya ada lebih dari 6.000 poin klik dan kumpulkan. Menurutnya, fitur ini memudahkan pelanggan dalam memilih metode pengiriman.

“Tidak mungkin untuk mengganti satu opsi dengan opsi lainnya, namun hal ini memiliki alasan spesifik mengapa konsumen memilih untuk menggunakan saluran omni penuh untuk mengklik dan mengambil atau menunggu di rumah untuk pengiriman,” katanya.

Berdasarkan laman resmi Blibli, Selasa (2/7/2024), Click and Collect merupakan fitur belanja yang memberikan pengalaman belanja online dan offline serta menerima pesanan sendiri.

Dengan fitur klik dan kumpulkan, pelanggan diberikan kesempatan berbelanja online di aplikasi Blibli, tanpa menunggu kurir mengantarkan pesanan ke alamat tujuan. Artinya pelanggan bisa langsung menerima pesanan dengan mengunjungi toko yang dipilih.

Lebih lanjut, David menjelaskan estimasi waktu pengepakan barang adalah 30 menit. Perkiraan ini tergantung pada jumlah produk yang dibeli pelanggan.

Berdasarkan pengalaman pelaku usaha yang mencoba melakukan pembelian menggunakan fitur klik dan kumpulkan di aplikasi Blibli, setidaknya dibutuhkan waktu 32 menit untuk mengemas pesanan. Rinciannya, pelaku membeli Ranch Market dari toko resminya pada pukul 12.14 WIB dan pemesanan selesai pada pukul 12.46 WIB.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel