Bisnis.com, JAKARTA – Portugal mencapai babak perempat final Euro 2024 setelah mengalahkan Slovenia melalui adu penalti di babak 16 besar. 

Bermain di Frankfurt Arena, Selasa dini hari (2/7/2024), Portugal langsung memimpin serangan dengan warna merah dan hijau. 

Sedangkan Slovenia masih belum menemukan permainan terbaiknya. Pasukan Matias Keck kehilangan banyak penguasaan bola karena passing yang buruk. 

Pada 10 menit pertama babak pertama, Portugal beberapa kali memenangi tendangan sudut. Serangan Portugal lebih banyak dilakukan dari sayap kiri yang ditempati Rafael Leao. 

Portugal menciptakan peluang emas pada menit ke-12, namun Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes gagal memanfaatkan umpan Bernardo Silva dari sayap kanan. 

Hingga menit ke-20 babak pertama, skor Portugal dan Slovenia tidak berubah – 0:0.

Meski kehilangan bola, pertahanan Slovenia mampu mengimbangi serangan Portugal. 

Ronaldo mendapat peluang pada menit ke-32, namun sayang tendangan bebasnya dari luar kotak penalti berhasil diselamatkan Jan Oblak di gawang Slovenia. 

Pergerakan Leao ke kiri terus mengancam pertahanan Slovenia. Saat dihentikan, dua pemain sudah mendapat kartu kuning. 

Slovenia baru bisa mengancam gawang Portugal pada menit ke-40. Pada menit ke-43 pertandingan, Slovenia berhasil mengancam Portugal. Dalam serangan balik cepat, kiper Portugal Diogo Costa menggagalkan tembakan keras Cesco. 

Portugal nyaris mencetak gol di penghujung babak pertama ketika tembakan mendatar Joao Palinha melebar beberapa senti dari gawang Slovenia. 

Di penghujung babak pertama, pertandingan antara Portugal dan Slovenia berakhir 0:0.

Di awal babak kedua, Slovenia sempat mengancam pertahanan Portugal. 

Portugal, julukan final, melunakkan serangannya di babak kedua. Pasukan Roberto Martinez tidak lagi bergantung pada sayap kiri seperti pada babak pertama. 

Pada menit ke-54, tendangan bebas cepat Ronaldo berhasil diselamatkan Oblak. 

Cesco kembali membahayakan pertahanan Portugal. Pada menit ke-60, Seško yang bermain satu lawan satu dengan Costa gagal memanfaatkan peluang dan mencetak gol. 

Pada menit ke-65, Martinez menggantikan Vitinho dengan Diogo Hota dan menambah tenaga. 

Ronaldo mendapat peluang emas di penghujung pertandingan, namun sepakannya bisa ditepis Oblak. 

Hingga pertandingan berakhir, skor Portugal dan Slovenia tidak berubah – 0:0. Pertandingan berlanjut ke babak tambahan pertama dan kedua. 

Pada menit ke-105 pertandingan, tendangan bebas Ronaldo berhasil diamankan Oblak.

Kiper Diogo Costa menyelamatkan tiga tendangan bebas untuk Slovenia saat Portugal melaju ke perempat final Euro 2024.

Portugal akan bermain melawan Prancis di perempat final Euro-2024 pada 6 Juli.  Portugal – Susunan pemain Slovenia Portugal (4-3-3) 

22 Diogo Costa, 3 Pepe, 20 Joao Cancelo, 4 Ruben Diaz, 19 Nuno Mendes, 8 Bruno Fernandes, 6 Joao Palinha, 10 Bernardo Silva, 23 Vitinho, 7 Cristiano Ronaldo, 17 Rafael Leao

Pelatih: Roberto Martinez Slovenia (4-4-2) 

1 ya oblak, 20 hal. Stojanovic, 2J. Karnitznik, 10 Ya. Hnezda Cherin, 9 A. 11B. Sheshko

Pelatih: Matthias Keck

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA