Bisnis.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kimmin Hub) menargetkan penyelesaian perpanjangan jalur LRT Velodrome-Mangarai Jakarta Fase 1B pada kuartal III tahun 2026.

Rasul Wasal, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, mengumumkan pengerjaan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Mungray mencapai 18,147 persen pada minggu kedua Juni 2024. Pada tahap ini akan dibangun jalur LRT sepanjang 6,4 km dengan 5 stasiun yaitu Stasiun Ramangun, Stasiun BPKP Pramuka, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matarman dan akan berakhir di Stasiun Mangarai.

Risal mengatakan, pengerjaan LRT Velodrome-Mungray Jakarta Fase 1B sejauh ini berjalan relatif baik sehingga tidak meleset.

“Kami optimis proyek ini akan selesai dan beroperasi pada awal tahun 2027. Kami berharap dapat dibuka untuk umum pada kuartal ketiga tahun 2026.”

Risal menjelaskan, perpanjangan jalur LRT Jakarta diharapkan menambah alternatif moda transportasi yang akan terhubung ke Stasiun Pusat Mangrai. Hal ini akan memperkuat peran Stasiun Pusat Mangrai sebagai simpul transportasi kereta api di wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

Dijelaskannya, saat kereta jarak jauh berhenti di Stasiun Mangarai, penumpang bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju Kelapa Gading menggunakan LRT Jakarta dengan rute Stasiun Mangarai menuju Stasiun LRT Jakarta.

Resal mengatakan LRT Jakarta akan beroperasi dalam 10 menit. Dengan perpanjangan ini, potensi permintaan penumpang jalur Velodrome-Mangrai secara bertahap akan meningkat hingga 80.000 per hari.

Kementerian Perhubungan akan membangun LRT Jakarta Fase 2A Kelapa Geding – JIS, 1C Mangarai – Dukoh Atas, 1D Dukoh Atas – Pesing, serta rute 3A dan 3B, guna memaksimalkan okupansi LRT Jakarta ke depan. . . Masing-masing akan melengkapi jalur Kemayoran-JIS-Kelappa Gading-Veldrum-Kalinder-Haleem.

Ia menyimpulkan: “Kami terus mendorong pusat-pusat perekonomian dan kegiatan sosial agar lebih terlayani oleh angkutan umum, khususnya angkutan kereta api, sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitasnya dengan mudah, aman, cepat dan nyaman.”

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel