Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan pembangunan tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B telah selesai. Artinya, jaringan jalan tol Jakarta, Outer Ring Road 2, siap terkoneksi sepenuhnya.

Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR (BPJT) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways melakukan proses Studi Kelayakan Fungsional (ULF) pada ruas jalan tol tersebut.

ULF pada Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Nagrak – Cibitung Seksi 2B yang merupakan bagian dari jaringan Tol Lingkar Luar Jakarta [JORR] 2 dilakukan pada tanggal 11 hingga 14 Juni 2024, tulis BPJT dalam resminya. penyataan , dikutip Kamis (27/6/2024).

Manajemen BPJT menjelaskan, proses studi kelayakan fungsional merupakan rangkaian terakhir sebelum beroperasinya Jalan Tol Chimangis – Chibitung Seksi 2B Nagrak – Cbitung.

Sementara itu, ULF ini ditindaklanjuti untuk memastikan seluruh spesifikasi, persyaratan, dan perlengkapan Jalan Tol Seksi 2B Cimanggis – Cibitung Nagrak – Cibitung memenuhi standar keselamatan dan manajemen lalu lintas.

Nantinya setelah pelaksanaan rangkaian ULF, tim ULF akan melakukan perbaikan dalam validasi hasilnya. Setelah ini selesai, sertifikat pekerjaan akan diterbitkan.

Sebelumnya, pada mudik Lebaran 2024, ruas Tol Chimangis – Chibitung telah beroperasi secara fungsional mulai dari ruas simpang susun Chikeas hingga simpang susun Chibitung sepanjang 19,65 kilometer (km).

Tol Tol Chimangis – Sibitung terdiri dari dua seksi, yakni Simpang Susun Chimangis – Jatiria Seksi 1A dan Jatiria – Nagrak Seksi 2A yang keduanya sudah beroperasi.

Tol ini akan menghubungkan akses dari distrik Tsibubur hingga tol Yehoravi. Setelah resmi beroperasi, Tol Cimanggis – Cibitung akan terhubung dengan jaringan Tol JORR 2 lainnya yakni Tol Cengkareng Kunciran, Kunciran – Serpong, Serpong – Cinere, Cinere – Jagorawi, dan Tol Cibitung – Cilincing.

Oleh karena itu, dengan beroperasinya Tol Jorr 2 maka struktur jaringan di wilayah Jabadetabek yang telah memiliki Jalan Lingkar Dalam Kota dan Tol Jorr 1 akan semakin lengkap. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel