Bisnis.com, Jakarta – Badan Perencanaan Pembangunan (Bappenas) mengungkapkan proyek tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) juga berkontribusi terhadap tujuan pemerintah dalam mencapai Tujuan Emas Indonesia 2045.

Demikian pernyataan Wakil Menteri Perekonomian Kementerian Perencanaan Pembangunan Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan (Bappenas) pada acara Corporate Social Responsibility Award (BISRA) Bisnis Indonesia 2024

“BISRA 2024 merupakan upaya kita untuk bersama-sama mencapai Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, namun sebenarnya ini merupakan periode waktu yang sama kita juga melaksanakan Indonesia Emas 2045,” ujarnya di Hotel Raffles Jakarta, Kamis (27/6/2024). )

Terungkap bahwa di Indonesia, Emas 2025, pemerintah memiliki 17 poin kebijakan pembangunan yang tentunya akan mereplikasi 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan kemudian menyesuaikannya dengan konteks kebutuhan pembangunan Indonesia di masa depan.

Amalia kemudian mengungkapkan kepuasan dan apresiasinya atas inovasi tanggung jawab sosial perusahaan. yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa Indonesia dan memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan

“Yang kami harapkan adalah tanggung jawab sosial dapat menjadi sumber pendanaan alternatif bagi pembangunan berkelanjutan. “Kita tahu, pembangunan ini tidak bisa sepenuhnya mengandalkan sumber APBN,” kata Amalia yang kini menjabat Plt., kata Badan Pusat Statistik (BPS).

Namun, dia meyakini hal itu dari sisi finansial Tidak mungkin membangun suatu negara sepenuhnya hanya dengan APBN saja, ujarnya. Jika kita mempertimbangkan struktur produk domestik bruto (PDB), jelas bahwa investasi swasta memainkan peran yang menentukan.

Untuk itu, Amalia mengungkapkan peran investasi swasta dapat dilakukan sebagai sumber pembiayaan pembangunan di luar APBN yang dapat dilakukan oleh swasta. Saat itu sejalan dengan perkembangan Indonesia.

Manfaat CSR juga membantu meningkatkan citra baik perusahaan. yang dapat menciptakan nilai tambah jika dibandingkan dengan kompetitor Membuka saluran baru untuk mengakses investasi dan keuangan bagi perusahaan. Memperkuat merek Tingkatkan jangkauan dan jaringan Anda dan membangun hubungan baik dengan badan pengatur

“Manfaat CSR bagi lingkungan dan masyarakat akhirnya mulai terlihat. Hal ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat setempat dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

BISRA 2024 mengusung tema Paving Sustainable Business: Innovation in CSR Sejak pendaftaran dibuka pada 12 Februari 2024 dan ditutup pada 1 Maret 2024, sebanyak 46 perusahaan mengikuti Ajang Apresiasi Corporate Social Responsibility kali ini

Pada saat yang sama Beberapa perusahaan besar dari berbagai industri seperti Pertamina, Pupuk Indonesia, Indah Kiat Pulp and Paper dan Bank Rakyat Indonesia berlomba-lomba menyoroti berbagai inisiatif CSR mereka.

Keputusan tersebut diambil oleh Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas Vivi Yulaswati, Country Director Habitat for Humanity Indonesia Susanto Samsudin, dan Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.