Bisnis.com, JAKARTA – Tim Australia berhasil mengalahkan Belanda 3-2 pada laga final Grup D Euro 2024.

Bermain di Olympiastadion Berlin, Selasa (25/6/2024) malam, Austria yang berseragam putih dengan cepat memperkuat pertahanan Belanda di awal pertandingan.

Tim Austria yang dilatih Ralf Dietrich Rangnick berkali-kali menyerang pertahanan Belanda di sisi kiri.

Gawang Belanda akhirnya kebobolan pada menit keenam melalui gol Donyell Malen yang berusaha memblok umpan Marcel Sabitzer dari kiri.

Peluang tersebut membuat Austria untuk sementara naik ke puncak klasemen Grup E Euro 2024 dengan enam poin. Sedangkan Belanda turun ke peringkat ketiga dengan empat poin.

Gara-gara gol tersebut, Belanda yang dipanggil De Oranje justru berbalik menyerang, namun sayang tendangan Tijani Reijnders dari dalam kotak penalti meleset dari gawang pada menit ke-13.

Hingga menit ke-20, skor Belanda masih 0-1 melawan Austria di Das Team.

Austria kembali memberikan ancaman ke gawang Belanda. Tendangan keras Sabitzer pada menit ke-38 dari luar kotak penalti berhasil diselamatkan kiper Belanda Bart Verbruggen.

Belanda pun sempat berpeluang mengakhiri babak pertama, namun Memphis Depay gagal menjebol gawang Austria.

Hingga babak pertama berakhir, skor Belanda dan Austria masih 0-1 pada laga final Grup D Euro 2024.

Memasuki babak kedua, Belanda yang tertinggal dengan cepat berusaha mencari gol penyama kedudukan.

Misi tersebut berhasil ketika Cody Gakpo mencetak gol pada menit ke-47 untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Austria yang bermain melawan Spartan di laga ini berhasil menenangkan Belanda.

Sundulan Romano Christian Schmid pada menit ke-59 usai menerima umpan Florian Grillitsch merusak gawang Verbruggen untuk kedua kalinya.

Hingga menit ke-65, Austria unggul 2-1 melawan Belanda di laga pamungkas Grup D Euro 2024.

Hasil ini menempatkan Austria di peringkat kedua, tertinggal enam poin dari Prancis yang mengoleksi tujuh poin setelah menang 1-0 atas Polandia.

Golnya, Memphis Depay mampu menyamakan skor menjadi 2-2 usai merobek gawang Austria pada menit ke-75.

Pertandingan semakin seru ketika Sabitzer berhasil membawa Austria kembali unggul 3-2 lewat gol Belanda pada menit ke-80.

Perubahan klasemen Grup D terjadi sangat pesat dalam dua puluh menit terakhir. Australia, Prancis, dan Belanda bertukar posisi di peringkat pertama, kedua, dan ketiga.

Belanda mencoba menyamakan kedudukan di penghujung pertandingan. Namun hingga pertandingan berakhir, Austria masih unggul 3-2 atas Belanda.

Hasil tersebut mengangkat Austria ke puncak Grup D Euro 2024 dengan enam poin, disusul Prancis di peringkat kedua dengan lima poin. Seiring turunnya Belanda ke peringkat ketiga Grup D Euro 2024. Susunan Pemain Belanda vs Austria: Belanda:

1 Bart Verbruggen, 2 Lutsharel Geertruida, 4 Virgil van Dijk, 5 Nathan Benjamin Aké, 6 Stefan de Vrij, Cody Mathès Gakpo, 14 Tijjani Reijnders Lekatompessy, 16 Joey Veerman, 18 Donyell Malen, 24 Jerdy Memphiens, Austria

13 Patrick Pentz, 2 Maximilian Wöber, 5 Stefan Posch, 8 Alexander Prass, 15 Philipp Lienhart, 6 Nicolas Seiwald, 9 Marcel Sabitzer, 10 Florian Grillitsch, 18 Romano Christian Schmid, 23 Patrick Wimmer, 7 Marko Arnautović Euro 2024 level D:

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel