Bisnis.com, Jakarta – Timnas Belgia mencetak kemenangan besar pada laga kedua Grup E Euro 2024 usai mengalahkan Rumania 2-0 di Stadion Cologne, Minggu (23/06/2024).

Pada laga kali ini, Rumania yang dilatih Edward Iordanescu menggunakan formasi 4-1-4-1. Kali ini Belgia yang berkostum merah menggunakan formasi 4-2-3-1 yang dipimpin Romelu Lukaku.

Belgia terus menekan bek Rumania untuk unggul cepat 1-0 di menit kedua.

Berawal dari kerja sama Lukaku dan Jeremy Duko, menerima umpan, Yuri Tillmans langsung menendang bola dan tak mampu dihentikan kiper Rumania Florin Constantin Nita.

Tertantang gol tersebut, Rumania berhasil mengalahkan Ukraina di laga pertama dengan skor 3-0 dan terus memberikan tekanan ke lini pertahanan Belgia.

Sundulan bek Rumania Radu Dragosin berhasil diselamatkan dengan baik oleh kiper Belgia Koen Casteels pada menit keempat.

Pertandingan antara Belgia dan Rumania sangat bagus. Kedua tim bermain cepat di 10 menit pertama babak pertama.

Belgia yang dikenal dengan julukan Setan Merah terus mendominasi permainan. Saat ini, Rumania mengandalkan serangan balik dan transisi cepat.

Belgia masih unggul 1-0 melawan Rumania pada laga kedua Grup E Euro 2024 hingga menit ke-15.

Pada menit ke-18, kiper Rumania Nita memblok tembakan kaki kiri Amadou Onana dari dalam kotak penalti.

Peran Lukaku sebagai dinding refleksi di laga ini bisa dibilang sukses. Selain gol Tillmans, banyak peluang yang tercipta bagi Belgia berkat kerja Lukaku.

Nita pun menjadi penyelamat gawang Rumania. Kali ini, ia memblok tembakan Duko pada menit ke-30 dengan tangan kanannya.

Di 10 menit terakhir babak pertama, Rumania mencoba menyerang lini pertahanan Belgia menggunakan umpan-umpan regional, namun tidak berhasil.

Hingga babak pertama berakhir, hasil pertandingan tim Belgia dan Rumania di Grup E Euro 2024 masih 1-0.

Memasuki babak kedua, Rumania mencari keruntuhan pertahanan Belgia.

Beberapa menit kemudian, striker asal Rumania Denis Man mencoba peruntungannya namun tembakan kaki kirinya berhasil diblok Castiles.

Pada menit ke-52, kapten Belgia Kevin De Bruyne melepaskan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti, namun masih melebar dari gawang Rumania.

Lukaku rupanya tak berpihak pada dewi fortuna di Euro 2024. Lukaku berhasil mencetak gol pada menit ke-63 melalui umpan De Bruyne, namun gol tersebut dianulir karena Lukaku sudah terlanjur naik.

Itu merupakan dianulirnya gol ketiga Lukaku di Euro 2024 setelah Belgia dikalahkan 1-0 oleh Slovakia di laga pembuka Grup E.

Pria itu mendapat peluang emas pada menit ke-67, namun penyerang asal Rumania itu tak mampu menaklukkan kiper Belgia meski saling berhadapan.

Belgia akhirnya memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-80 setelah tembakan De Bruyne berhasil melewati pemain bertahan dan memasukkan bola ke gawang Rumania.

Hingga laga ini berakhir, skor tetap bertahan 2-0 antara Belgia dan Rumania. Dengan kemenangan ini, Belgia meraih peringkat kedua Grup E Euro 2024.

Persaingan memanas di Grup E Euro 2024 karena semua tim sudah meraih tiga poin. Laga final pasti akan menentukan siapa yang lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Susunan pemain Belgia melawan Rumania: Belgia:

1 Koen Castiles, 3 Teater Arthur Nicholas, 4 Watt Felix Lina Face, 5 Jan Vertonghen, 21 Timothy Castane, 7 Kevin De Bruyne, 8 Yuri Tillmans, 14 Dodi Ngandoli, 22 Jeremy Duko, 24 Amadou 1 Romania Enana, 24

1 Florin Constantin Niță, 2 Andrei Florin Rațiu, 3 Radu Matei Drăguşin, 11 Nicușor Silviu Bancu, 15 Andrei Andonie Burcă, 6 Marius Mihai Marin, 13 Valentin Mihai Mihăilă, 18 Răzvan gabriel Marin, 18 Răzvan gabriel Marin, 15

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel