Bisnis.com, JAKARTA – Georgia menang 1-0 melawan Republik Ceko pada putaran pertama Euro 2024. Penalti Georges Mikautadze menjadi pembeda di 45 menit pertama.

Timnas Georgia akan bertemu Republik Ceko pada Sabtu malam (22 Juni 2024) pada laga kedua Grup F Euro 2024 di Volksparkstadion Hamburg.

Di awal pertandingan, Ceko langsung menemui pertahanan Georgia. Dua peluang berturut-turut lewat tendangan Adam Hlozek dan Patrick Schick berhasil ditepis kiper Giorgi Mamardashvili pada menit ketiga.

Ceko lebih banyak menguasai bola di 10 menit pertama, Georgia bermain bertahan dan menunggu peluang serangan balik.

Namun meski mendominasi permainan, Ceko kesulitan menciptakan peluang berbahaya hingga pertengahan babak pertama.

Rencana transisi yang ditunjukkan Ceko mudah dipahami pertahanan Georgia.

Ceko membuat terobosan pada menit ke-22. Hlozek mengawalinya dengan sebuah lemparan, mendapatkan bola bebas dan melepaskan tembakan yang mampu ditepis Mamardashvili, bola memantul di kepala Hlozek dan meluncur ke dalam gawang.

Namun setelah diperiksa video asisten wasit (VAR), gol tersebut dibatalkan karena bola terlebih dahulu menyentuh tangan Hlozek.

Mamardashvili tampil apik dengan menggagalkan beberapa peluang Ceko, termasuk tendangan keras Hlozek pada menit ke-29.

Hingga menit ke-30 babak pertama, Georgia tak mampu melancarkan serangan dan melepaskan tembakan ke gawang Ceko.

Peluang pertama Georgia datang pada menit ke-35. Akselerasi Anzor Mekvabishvili diakhiri dengan umpan tarik yang mampu disundul bek Ceko itu ke sudut gawang.

Hingga berakhirnya babak pertama, tensi permainan semakin meningkat. Terjadi pelanggaran serius oleh kedua tim.

Georgia mendapat peluang emas di masa tambahan waktu. Tendangan bebas Khvicha Kvaratskhelia membuat kemelut di kotak penalti Ceko. Tendangan Guram Kashia berhasil dibelokkan kiper Jindrich Stanek.

Namun, wasit memeriksa VAR untuk menilai kemungkinan pelanggaran. Bahkan, wasit Daniel Siebert asal Jerman menunjuk titik putih karena handball yang dilakukan pemain Ceko Robin Hranac.

Georges Mikautadze yang berperan sebagai eksekutor penalti berhasil menyelesaikan tugasnya dan mengelabui Stanek dengan cara yang salah. Georgia memimpin 1-0 hingga akhir babak pertama. Susunan pemain Georgia vs Republik Ceko

Georgia (3-5-2): Giorgi Mamardashvili; Solomon Kverkvelia, Guram Kashia, Lasha Dvali; Giorgi Tsitaishvili, Zuriko Davitashvili, Anzor Mekvabishvili, Giorgi Kochorashvili, Otar Kakabadze; Khvicha Kvaratskhelia, Georges Mikautadze.

Pelatih: Willy Sagnol

Republik Ceko (3-4-3): Jindrich Stanek; Lubang Tomas, Robin Hranac, Ladislav Kraci; Vladimir Coufal, Lukas Provod, Tomas Soucek, David Jurasek; Adam Hlozek, Patrich Schick, Vaclav Cerny.

Pelatih: Ivan Hasek

Untuk berita dan artikel lainnya, kunjungi Google Berita dan Saluran WA