Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Ukraina mengatasi defisit 0-1 di babak pertama dengan mengalahkan Slovakia 2-1 di Euro 2024 yang sedang berlangsung.

Pada Jumat (21 Juni 2024), Timnas Slovakia bermain melawan Ukraina pada laga kedua Euro 2024 Grup E di Dusseldorf Arena.

Gol Ivan Šranz pada menit ke-17 membuat Slovakia unggul 1:0 atas Ukraina di babak pertama.

Ukraina langsung tancap gas setelah peluit babak kedua dibunyikan. Hasilnya langsung terlihat pada menit ke-54.

Mykola Shaparenko menuntaskan umpan Oleksandr Zinchenko lewat skema serangan balik. Hasilnya imbang 1-1.

Ukraina menyerang pertahanan Slovakia pada menit ke-61, umpan silang Oleksandr Tymczyk dua kali diblok oleh bek Slovakia.

Usai kedudukan imbang 1-1, tempo permainan melambat. Kedua kubu bermain hati-hati agar tidak kebobolan lagi.

Berbeda dengan babak pertama, Ukraina lebih banyak menguasai permainan pada pertengahan babak kedua.

Slovakia kini terpaksa bermain bertahan dan kesulitan mengembangkan pola serangan kaki-ke-kaki.

Pada menit ke-74, serangan balik memberi peluang bagi Ukraina. Mihailo Mudrić, yang memainkan bola Roman Jaremčuk di area penalti, membentur tiang.

Ukraina memimpin saat pertandingan tinggal menyisakan 10 menit. Shaparenko mencetak gol kedua Ukraina saat memberikan umpan silang kepada Yaremchuk yang berlari di kotak penalti.

Dengan satu kontrol, kaki kanan pemain bernomor punggung 9 meluncur ke gawang pemain Slovakia itu dan membuat skor menjadi 2-1 untuk keunggulan si kuning.

Ukraina semakin percaya diri setelah mampu membalikkan keadaan. Slovakia berusaha bangkit memperkecil defisit poin.

Namun, tak ada gol lagi hingga peluit akhir berbunyi. Ukraina mengalahkan Slovakia 2-1 pada leg kedua Euro 2024.

Dengan hasil ini, persaingan di Grup E semakin ketat karena Rumania, Ukraina, dan Slovakia mengoleksi 3 poin. Sedangkan tim unggulan, Belgia, berada di posisi terbawah tanpa tambahan poin. Susunan pemain Slovakia v Ukraina

Slowakia (4-3-3): Martin Dubravka; Peter Pekarik, Denis Vavro, Milan Škriniar, David Hancko; Stanislav Lobotka, Jurac Kucka, Ondrej Duda; Ivan Šranc, Robert Boženik, Lukas Haraslin.

Pelatih: Francesco Calzon

Ukraina (4-3-3): Anatoly Trubin; Oleksandr Tymchyk, Illia Zabarnyi, Mykola Matviyenko, Oleksandr Zinchenko; Volodymyr Brazhko, Georgiy Sudakov, Mykola Shaparenko; Mihail Mudrik, Artem Dovbik, Andriy Yarmolenko.

Pelatih: Sergej Rebrov

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel