Bisnis.com, Jakarta – Baik pelatih Belgia maupun pelatih Rumania yakin timnya bisa meraih kemenangan jelang pertemuan kedua tim di Stadion Cologne, Minggu (23/6/2024) pukul 14.00 WIB.

Pelatih Belgia Domenico Tedesco mengatakan skuadnya yang bertabur bintang akan memainkan pertandingan hebat melawan Rumania besok pagi.

Sementara itu, pelatih asal Rumania Edward Iordnescu menantang para pemainnya untuk menunjukkan keberanian mencetak sejarah dengan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa untuk pertama kalinya sejak tahun 2000.

Belgia, salah satu favorit juara Euro 2024, masih terguncang karena kalah di laga pertamanya 0-1 dari Slovakia, sedangkan Rumania mengalahkan Ukraina 3-0.

Tak heran, kedua pelatih memiliki misi berbeda saat menghadapi laga kandang FC Cologne.

Tedesco akan berusaha menghidupkan kembali harapan Setan Merah untuk mencapai babak berikutnya, sementara Iordnescu ingin timnya segera mengamankan tiket ke babak sistem gugur.

Jika Belgia terdegradasi, Eduard Iordnescu akan mengikuti jejak ayahnya, Angel Iordnescu, dengan memenangkan dua pertandingan pembuka di turnamen sepak bola besar.

Pada Piala Dunia 1998, Engel melakukan hal yang sama ketika Rumania mengalahkan Kolombia dan kemudian Inggris meraih kemenangan berturut-turut di babak grup.

Di sisi lain, Tedesco sangat ingin mencegah Belgia mengalami kekalahan kedua di Euro 2024, yang otomatis akan mencoreng citra mantan pelatih RB Leipzig dan Spartak Moscow tersebut.

Usai ditunjuk sebagai pelatih timnas Belgia pada 8 Februari 2023, Tedesco menjalani 14 pertandingan tanpa kekalahan, 10 di antaranya merupakan kemenangan Setan Merah, sebelum Slovakia mengalahkan Setan Merah di laga pertama Grup E

Dia tidak ingin rekor tersebut dipecahkan untuk kedua kalinya. Tedesco mampu mempertahankan rekor manis Belgia yang belum pernah kalah dua kali di babak penyisihan grup turnamen besar mana pun sejak Piala Dunia 1930.

Tentu saja, faktor terbesar yang meyakinkan Tedesco bahwa Belgia tidak akan kalah dan menang kali ini adalah kualitas para pemain bintangnya, termasuk striker Romelu Lukaku.

Lukaku telah mencetak 6 gol dalam 11 pertandingan yang dimainkan di Piala Eropa. Tidak ada pemain Belgia yang bisa mencapai apa yang dilakukan Lukaku.

Namun pencetak gol terbanyak itu gagal mencetak gol sah ke gawang Slovakia di kualifikasi Piala Eropa 2024, karena VAR dua kali menganulir golnya karena offside dan handball.

Kegagalannya melawan Slovakia tidak akan mengubah status Lukaku sebagai faktor besar kebangkitan Belgia pada laga Minggu nanti.

Laga Belgia kontra Rumania bisa disaksikan di RCTI atau Vision Plus pada Minggu (23/6) pukul 02.00 WIB. Tautan Live Streaming Belgia vs Rumania, 23 Juni:

Https://www.visionplus.id/webclient/#/live

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel