Bisnis.com JAKARTA – Penerbit konsorsium Aguan-Sugianto Kusuma PT Primadaya Plastisindo Tbk. (PDPP) akan membagikan dividen tunai tahun buku 2023 sebesar Rp 10,19 miliar atau Rp 3,3 per saham. 

Kennie Angesty, Direktur Utama Primadaya Platisindo, mengatakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) memutuskan untuk membagikan 3,06 miliar saham dengan harga Rp 10,19 miliar atau Rp 3,33 per saham. 

“Keputusan pembagian dividen tersebut sesuai dengan RUPST hari ini, Jumat (14/6/2024),” kata Kennie dalam keterangan resmi, Jumat (14/6/2024). 

Kennie mengatakan PDPP meraih laba bersih sebesar Rp439,90 miliar, meningkat 30% dibandingkan periode sebelumnya. Laba bersih PDPP tahun 2023 sebesar Rp 33,98 miliar atau meningkat 65% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Kennie mengatakan, dukungan penjualan masih didominasi oleh produk AMDK kategori galon. Disusul produk Jerrygen dengan pangsa 53% dari total penjualan pada tahun 2023.

Pada tahun 2023, total aset meningkat 3% menjadi Rp 465,66 miliar. Meski kenaikannya tidak terlalu signifikan, namun dibandingkan tahun sebelumnya, kredit yang diberikan mengalami penurunan sebesar Rp79,97 miliar atau Rp95,98 miliar. Hal ini disebabkan oleh penurunan utang bank dan utang keuangan konsumen.

Ia mengaku sangat bersyukur atas kinerja gemilang tahun lalu di tahun yang penuh tantangan. Penyebabnya, meskipun epidemi telah berakhir, peperangan di dunia usaha, konflik seperti kenaikan harga bahan bakar global dan komoditas lainnya; Menghadapi inflasi dan ketidakpastian lainnya.

Salah satu strategi yang diterapkan PDPP adalah menambah cabang di Solo; untuk lebih dekat dengan pelanggan utama; dan lebih efisien dalam mengirimkan produk ke lokasi pelanggan terdekat.

Dari sisi potensi bisnis, setelah berhasil mengatasi pandemi COVID-19, Kennie melihat potensi peningkatan permintaan kemasan plastik cukup positif. Masyarakat khususnya makanan, Minuman kosmetik Obat-obatan Berbagai sektor industri seperti otomotif terus bergantung pada wadah plastik untuk berbagai keperluan. 

Saat ini PDPP berada di Bandar Lampung, Binjai, Tangerang, Sukabumi, memiliki cabang di Cileungsi dan Solo.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.