Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Prancis memenangi laga pertama Euro-2024 melawan Austria dengan skor 1:0. Kylian Mbappe dan kawan-kawan menang tipis berkat gol bunuh diri. 

Austria akan menghadapi Prancis pada pertandingan pembuka Grup D Euro 2024 di Dusseldorf Arena, Selasa (18 Juni 2024).

Prancis unggul 1-0 di babak pertama setelah bek Austria Maximilian Wober mencetak gol bunuh diri (38′).

Di babak kedua, Prancis menurunkan tempo menekan dan lebih mengatur ritme permainan.

Austria melakukan serangan kuat untuk menyamakan skor. Stefan Posh mendapat peluang dari sayap kanan, namun pada menit ke-48 ia mencetak gol.

Mbappe melewatkan peluang emas pada menit ke-55. Menghindari situasi offside, label baru “Real Madrid” tidak bisa mengarahkan bola ke gawang, meski di depannya ada kiper Austria Patrick Pentz.

Pada menit ke-59, pelatih Austria Ralf Rangnik langsung menurunkan 3 pemainnya, yakni Marko Arnautovic, Gernot Trauner, dan Patrick Wimmer.

Dengan ketiga pemain tersebut berada di lapangan, Austria semakin gencar menyerang pertahanan Prancis. Namun pada menit ke-65, skor menjadi 1:0 untuk keunggulan Ayam Jantan.

Prancis yang rawan melakukan serangan balik nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-66. Mereka mendapat dua peluang berturut-turut melalui umpan Theo Hernandez dan tembakan Marcus Thuram yang mampu ditepis Pents.

Austria semakin menekan pada pertengahan babak kedua. Namun, Prancis kesulitan menerobos Marcel Sabitzer dan kawan-kawan.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, tempo perlahan menurun. Prancis selamat dari beberapa serangan Austria.

Pada menit ke-80, terjadi benturan keras antara Christoph Baumgartner dan kiper Prancis Miko Mainyan. Alhasil, Baumgartner mendapat kartu kuning.

Pada menit ke-83, Marcus Thuram membuat assist. Striker Prancis Eduardo Camavinga mencegat bola, namun langsung mengarah ke kiper Austria.

Setelah waktu penuh, pertandingan dihentikan sementara karena Mbappe memerlukan perhatian medis karena mimisan. Mbappe terlambat menerima kartu kuning.

Di masa tambahan waktu, Prancis punya peluang mencetak gol kedua. Lari cepat Randal Kolo Muani berakhir dengan tekel Olivier Giroud. Hanya saja mantan pemain Milan itu tak mampu mengirim bola ke gawang.

Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Prancis hingga wasit meniup peluit panjang. Dengan hasil ini, Prancis imbang dengan Belanda di Grup D Euro 2024 dengan 1 kemenangan. Pertandingan Austria – Prancis:

Austria (4-2-3-1): Patrick Pentz; Stefan Posch, Kevin Danso, Maximilian Wober, Philip Mwen; Nicholas Seywald, Marcel Sabitzer; Konrad Leimer, Christoph Baumgartner, Florian Grillich; Michael Gregoritsch.

Pelatih: Ralph Rangnik

Prancis (4-3-3): Mike Maignan; Jules Kunde, Dayot Upamecano, William Lintasa, Theo Hernandez; N’Golo Kante, Adrien Rabiot, Antoine Griezmann; Ousmane Dembele, Marcus Thuram, Kylian Mbappe.

Pelatih kepala: Didier Deschamps

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel