Bisnis.com, Jakarta – Manggis merupakan salah satu buah yang memiliki banyak khasiat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk bagi ibu hamil.

Laporan dari momjunction.com dan styleatlife.com, Kamis (13/6/2024) Manggis kaya akan mineral, vitamin, serat, mangan, dan folat yang terbukti dapat mencegah dan mengatasi masalah selama kehamilan. Sembelit, obesitas, risiko cacat lahir, diabetes dan menurunkan kadar kolesterol. Seperti dilansir dari website Healthline, satu cangkir manggis mengandung:

35,1 gram karbohidrat

3,53 gram serat makanan

23,5 mg kalsium

94,1 mg kalium

5,68 mg vitamin C Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil 1. Mencegah dan meredakan sembelit

Ibu hamil sering mengalami kram akibat tingginya kadar hormon progesteron dalam tubuhnya. Produksi hormon yang tidak stabil menyebabkan otot-otot usus menjadi rileks sehingga menurunkan fungsi usus. 

Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah manggis yang tinggi serat. Mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup dapat membantu menenangkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan mikrobioma usus.  

Penelitian menunjukkan bahwa manggis efektif mengobati dan mencegah sembelit pada ibu hamil. Selain itu, serat pada buah ini juga mampu menurunkan risiko komplikasi kehamilan seperti preeklamsia. 2. Mencegah obesitas

Berat badan ibu hamil bertambah selama kehamilan. Padahal, kondisi ini bisa jadi menandakan janin sedang tumbuh dengan baik. Namun, bertambahnya berat badan terlalu banyak justru dapat meningkatkan komplikasi kehamilan. Misalnya, ibu yang mengalami obesitas dan diabetes gestasional sebaiknya menjalani operasi caesar. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi jus manggis 90-270 ml dua kali sehari memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah ini sebagai upaya menjaga berat badan yang sehat. 3. Mengurangi risiko cacat lahir

Buah manggis mengandung folat yang berperan penting dalam mencegah risiko kelainan tertentu seperti cacat lahir pada otak dan tulang belakang janin. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi buah ini untuk membantu tumbuh kembang bayi selama hamil. 4. Meningkatkan imunitas

Manggis mengandung vitamin C dan serat yang dibutuhkan ibu hamil untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang mengurangi risiko berbagai penyakit dengan mengoptimalkan fungsi sel kekebalan. Sementara itu, serat berperan memperlancar sistem pencernaan sehingga menjadi faktor penting dalam menjaga imunitas tubuh selama hamil. 5. Mengurangi risiko kolesterol tinggi

Manggis kaya akan serat, yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Kandungan potasium berperan penting dalam menyeimbangkan kadar natrium dan tekanan darah.

Ibu hamil disarankan mengonsumsi buah manggis untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Pasalnya kolesterol tinggi bisa memicu komplikasi penyakit seperti diabetes gestasional dan stroke. 6. Mengurangi risiko diabetes

Wanita hamil berisiko lebih tinggi terkena diabetes gestasional. Hal ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin akibat ketidakseimbangan hormon.

Namun, para ibu bisa mencegahnya dengan mengonsumsi manggis. Buah ini mengandung xanthone yang menurunkan dan mengatur kadar gula darah selama kehamilan. 

Penelitian dari Jurnal Kedokteran Universitas Lampung menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak kulit manggis selama 10 hari memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.   7. Pencegahan Anemia

Seiring bertambahnya usia kehamilan, kebutuhan tubuh akan zat besi pun semakin meningkat sehingga membuat ibu hamil rentan mengalami anemia. Jika kondisi ini berlanjut dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan keguguran, pendarahan, dan kelahiran prematur.

Ibu hamil dapat mencegah anemia dengan mengkonsumsi manggis. Buah ini mengandung zat besi, vitamin B12 dan nutrisi lain yang menunjang produksi sel darah merah setiap hari.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan saluran WA