Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia menorehkan sejarah dengan lolos ke babak ke-3 Kualifikasi Piala Dunia Asia 2026. Indonesia juga menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke babak selanjutnya.

Tim Indonesia merebut tiket babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia sebagai runner-up Grup F.

Indonesia memastikan tempat ke babak selanjutnya setelah menang 2-0 atas Filipina pada laga sebelumnya yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Dua kemenangan Indonesia atas Filipina diraih berkat tendangan jauh Thom Haye pada menit ke-32 dan sundulan Rizky Ridho pada menit ke-56.

Kemenangan ini mengantarkan Timnas Indonesia berhak lolos ke babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebagai wakil tunggal ASEAN.

Hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dialami seluruh wakil Asia Tenggara, 3 di antaranya finis di posisi terbawah grup.

Myanmar menempati posisi terbawah Grup B setelah diincar Jepang, Korea Utara, dan Suriah.

Myanmar hanya meraih 1 poin setelah 6 pertandingan dan kebobolan 28 gol di seluruh babak penyisihan grup.

Singapura pun sama, di grup C mereka menjadi juru kunci. Bangsa Singa hanya meraih 1 poin karena bermain imbang 1-1 melawan China. Singapura bahkan dibantai 0-7 oleh Korea Selatan.

Berikutnya adalah Filipina yang menempati peringkat 4 Grup F. Azkals meraih 1 poin dengan menahan imbang Indonesia di hari kedua kompetisi.

Vietnam bersama Indonesia dan Filipina di Grup F mengalami nasib sial setelah dua kali kalah dari Garuda dengan skor 0-1 dan 0-3. Dua kekalahan ini langsung memperkecil peluang The Golden Stars untuk lolos. Berkat itu, mereka menduduki peringkat ke-3 dengan hanya meraih 6 poin.

Malaysia hampir pasti lolos ke babak ketiga. Harimau Malaya hanya tertinggal 1 poin dari tim peringkat kedua Kyrgyzstan. Negara Jiran itu berhasil meraih 10 poin setelah 6 pertandingan, sedangkan Kyrgyzstan mengumpulkan 11 poin. Hasil imbang 1-1 melawan Kyrgyzstan di matchday 5 membuat Malaysia tidak bisa lolos.

Jika ada negara yang paling menyesal karena tidak bisa lolos babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, maka jawabannya adalah Thailand.

Bagaimana mungkin Thailand tidak berada di grup sulit bersama Korea Selatan dan China hanya karena berhadapan?

Thailand meraih 8 poin setelah 2 kali menang, 2 kali seri dan 2 kali kalah. Tim Gajah Perang memiliki poin yang sama dengan China, tim kedua di Grup B.

Tidak hanya itu, Tiongkok dan Thailand memiliki poin yang sama (8) dan selisih gol (9 gol tercipta dan kebobolan 9 gol).

Sesuai regulasi, pemeringkatan di babak penyisihan grup didasarkan pada hasil head-to-head setelah menyamakan poin dan selisih gol.

Inilah ironi. Thailand kalah 1-2 dari China saat bermain di kandang sendiri dan hanya bermain imbang 1-1 saat bertandang ke Negeri Tirai Bambu.

Hasil ini meyakinkan China bahwa mereka akan finis di posisi kedua Grup B dengan Korea Selatan di peringkat teratas.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel