Bisnis.com Jakarta – CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Sugito Walujo pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) GOTO pada Selasa 6/11/2024, Selasa (6/11/2024), menerima Nominasi untuk menjadi Pemegang Saham Seri B Saham seri B adalah saham dengan hak suara terbanyak atau saham dengan hak suara mayoritas.

Dalam usulannya, GOTO menjelaskan bahwa setiap saham Seri A akan memberikan hak satu suara kepada pemegangnya. Pada saat yang sama, setiap saham Seri B memberikan hak kepada pemegang saham untuk memberikan suara ganda.

Hak suara yang melekat pada setiap Saham Seri B dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan jumlah Saham Seri B yang dimiliki oleh pemegangnya.

Pemegang saham Seri B yang terdaftar di GOTO dilarang mengalihkan kepemilikan atas sebagian atau seluruh saham Seri B miliknya dalam jangka waktu dua tahun setelah OJK menyatakan efektifnya pernyataan pendaftaran.

GOTO juga menjelaskan alasan utama penggunaan struktur dual voting ini adalah karena hal tersebut Peserta Seri B dapat secara efektif mempertahankan kendali dan arahan strategis GOTO. Hal ini juga memberikan pemegang saham Seri B hak suara yang lebih tinggi, yang khususnya merupakan pemain kunci dalam pengembangan perusahaan.

MVS ini dapat dibatalkan setelah terjadi peristiwa tertentu, seperti kematian atau ketergantungan pemegang saham MVS. dan pemegang saham MVS mengalihkan MVSnya kepada orang lain selain orang yang berhak.

Kemudian pemegang MVS, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama, mempunyai paling banyak 50% dari seluruh hak suara. Dan situasi ini berlanjut setidaknya selama 6 bulan, karena pemegang MVS memegang lebih dari 50% seluruh hak suara, jumlahnya tidak banyak.

Apabila masa berlaku MVS telah habis, maka pemegang MVS adalah badan yang tidak lagi memenuhi persyaratan. dan pemegang saham MVS bukan merupakan pemegang saham utama MVS dan saham MVS berdasarkan jabatannya. Sebagai direktur, menjadi penerima dan berhenti bekerja sebagai direktur GOTO.

GOTO juga menyatakan bahwa setiap pengalihan saham Seri B kepada pihak lain selain Pihak yang Berhak, maka saham Seri B tersebut otomatis terkonversi menjadi saham Seri A dalam jumlah yang sama.

Pada tahun laporan keuangan 2023, Ketua Umum GOTO Patrick Vallejo mengatakan akan semakin sulit bagi pemegang saham Seri B untuk menjual saham Seri B miliknya. Patrick mengatakan untuk melakukan transaksi, saham Ser B harus diungkapkan terlebih dahulu .

Patrick juga mengatakan seluruh saham Seri B berbentuk sertifikat saham yang tidak bisa diperdagangkan secara bebas di bursa. Sepanjang sahamnya berbentuk surat saham

“Saham Seri B hanya dapat dialihkan kepada pemegang saham Seri B lain atau kepada orang yang telah disetujui oleh pemegang saham untuk memiliki saham Seri B untuk MVS-nya,” kata Patrick.

Jadi Patrick melanjutkan: Ada kendala dan langkah yang harus diatasi oleh pemegang saham Seri B GOTO.

Saat ini pemegang saham Seri B GOTO memegang 6.734.025.100 lembar saham Seri B, Kevin Brian Alloway sebanyak 3.272.789.432 lembar saham Seri B, William Tanujaya sebanyak 12.588.634.200.00000000000000000000000000000 lembar saham Seri B, dan Anak Bangsa PT sebanyak 26.888 lembar. 988.841 Saham Seri B

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.