Bisnis.com, Jakarta – Perusahaan keuangan PT Moladin Finance Indonesia (MOFI) juga mempertimbangkan sumber permodalan dari pasar modal, khususnya penerbitan obligasi untuk mendiversifikasi sumber permodalan. Diketahui, banyak perusahaan keuangan multinasional yang juga mengandalkan modal dari obligasi setelah meminjam ke bank. 

Meski demikian, Direktur Keuangan Indonesia Muladin dan Chairman Muladi menegaskan rencana tersebut masih merupakan rencana jangka panjang perseroan. 

“MOFI selalu berupaya mendiversifikasi sumber pendanaan, termasuk melihat pasar modal untuk jangka panjang,” kata Moladi kepada Bisnis, Minggu (9/6/2024). 

Moladi mengatakan hal ini juga untuk mendukung lintasan pertumbuhan jangka panjang dan kebutuhan pembiayaan yang terus meningkat. Saat ini Moladin Finance Indonesia juga sedang mengembangkan sektor keuangannya setelah mendapat pendanaan dari Neo Commerce Bank (BNC) pada awal Maret lalu. 

Sebagai pemain baru, perseroan sebelumnya hanya memberikan pembiayaan secara eksklusif kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menyasar pemilik dealer mobil mikro. Dua produk pembiayaan yang ditawarkan perusahaan adalah dealer financing, yang memberikan pembiayaan kepada dealer mobil mikro untuk meningkatkan inventarisnya. 

Kini, produk distribusi keuangan perseroan juga menyasar sektor transportasi, perdagangan, kontraktor, dan makanan dan minuman (F&B). Moladin Finance Indonesia milik Moladin Group, sebuah perusahaan teknologi keuangan dan situs jual beli mobil. 

Moladin Group memperluas bisnisnya ke bidang keuangan dengan mengakuisisi PT Pro Car International Finance dan mengubah namanya menjadi PT Moladin Finance Indonesia. Perubahan nama tersebut telah mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui keputusan Dewan Komisioner OJK. Hal ini berdasarkan pengumuman yang dimuat di situs resmi OJK pada 22 Mei 2023. 

Sedangkan pelaksanaan izin usaha Muladin Financial Indonesia tertuang dalam Keputusan Komisioner OJK No: KEP-192/NB.02/2023 tanggal 10 Mei 2023 dan Peraturan tanggal 22 Mei 2023. 

Moladin Finance Indonesia memberikan pinjaman dengan limit Rp 500 juta. Sedangkan kredit investasi mencapai Rp 1 miliar.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel