Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih timnas Filipina Tom Saintfiet mengaku mendapat ancaman jelang laga melawan Indonesia pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia, Selasa (11/6/2024).

Indonesia yang saat ini menduduki peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia dengan tujuh poin, membutuhkan kemenangan melawan Filipina untuk mengamankan tiket ke babak ketiga.

Usai pertandingan Filipina sebelumnya yang kalah 2-3 dari Vietnam, wartawan Vietnam menanyakan pendapat Saintfiet tentang kemungkinan Vietnam melaju ke babak berikutnya. Sang pelatih mengaku hanya memberikan komentar jujur ​​​​tentang timnya, namun disalahartikan sebagai pertarungan menegangkan melawan Indonesia.

“Saya mendapat banyak pesan dari fans Indonesia. Saya mendapat banyak ancaman pembunuhan dan itu tidak baik. Saya belum terbiasa. Menurut saya, bagi yang mengenal saya, saya adalah pelatih yang adil, dan mungkin salah terjemahannya,” kata Saintfiet dalam jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Setelah pertandingan melawan Vietnam saya menghadiri konferensi pers di mana hanya ada jurnalis Vietnam, dan seorang jurnalis Vietnam bertanya kepada saya, “Apa pendapat Anda tentang Vietnam?” Dan saya menjawab, “Kami akan pergi ke Indonesia untuk memenangkan pertandingan. Jika kami mengalahkan mereka, Anda (Vietnam) pantas mendapatkannya. Dan itu yang saya katakan,” jelasnya.

Mantan pelatih timnas Yaman, Etiopia, dan Togo ini mengaku sudah lama mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia. Sehingga ia sangat memahami kekuatan sepak bola Indonesia yang diyakininya berkembang pesat.

Indonesia telah berkembang sangat pesat dalam satu tahun terakhir, begitu juga dalam beberapa bulan terakhir. Mereka mendatangkan pemain baru sehingga kini menjadi salah satu tim terkuat di Asia. Dan selama bertahun-tahun, kualitas sepak bola Indonesia semakin meningkat, kata pelatih asal Belgia itu.

Menurut Saintfiet, tim Filipina juga mengalami kemajuan, namun ia realistis dengan perbedaan kualitas antara timnya dan timnas Indonesia.

“Saya pikir kami sangat kompetitif, kami harus menang melawan Vietnam dan besok kami akan melakukan segalanya untuk mendapatkan hasil. Ini akan menjadi hasil imbang yang sangat bagus, kemenangan ini akan menjadi keajaiban. Ini adalah tugas kami, untuk fans Filipina, demi kemajuan negara kita, berusahalah meraih poin maksimal padahal kita tahu Indonesia sangat bagus,” kata Saintfiet.

Filipina saat ini berada di posisi keempat atau terakhir Grup F dengan hanya meraih satu poin. Mereka dipastikan tidak akan lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 kawasan Asia.

Temukan berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel