Bisnis.com, JAKARTA – Jurnalis sepak bola Indonesia Mohammad Kusnaeni mengatakan lini pertahanan timnas U-23 Indonesia atau Garuda Muda harus berhati-hati saat menghadapi Irak pada turnamen ketiga Piala Asia U-23 2024, Kamis malam.

“Untuk mengalahkan Irak, Garuda Muda harus berbenah karena nanti Rizky Rida tidak bisa bermain,” kata Kusnaeni, yang akrab disapa Bung Kus, saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, capaian Garuda Mood melebihi ekspektasi. Sebagai seorang pemain, bukan hal yang biasa bagi saya untuk mencapai empat besar Piala Asia AFC U-23 2024.

Garuda Muda, kata dia, harus melupakan kekalahan 0-2 dari Uzbekistan di semifinal karena tantangan terbesarnya saat ini adalah mengalahkan Irak untuk merebut tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Kusnaeni mengatakan peluang Garuda Muda untuk memenangi kompetisi dan lolos ke Olimpiade Paris cukup terbuka karena teknologi Irak tidak sekuat Uzbekistan.

“Dari segi permainan, Uzbekistan satu kelas di atas kami. Mereka bekerja sama dengan baik, lebih disiplin, lebih seimbang dalam menyerang dan bertahan. Irak tidak seperti itu,” ujarnya.

Ia mengatakan permainan Irak tidak terorganisir dan lini tengahnya tidak bagus, itulah sebabnya Thailand juga mengalahkan mereka di babak penyisihan grup.

Untuk mengalahkan Irak, kata dia, Garuda Muda harus memperkuat pertahanannya karena Rizky Ridho tidak bisa bermain karena kartu merah saat melawan Uzbekistan.

“Bisa ganti Nathan atau pasang trio bertahan Ferrari-Justin Komang. Saya ingin Nathan tetap di tengah. Kami harus kuat dan menguasai lini tengah saat menghadapi Irak agar alur serangan lebih baik,” tuturnya. itu.

Selain pertahanan, kata dia, Garuda Muda perlu memperbaiki penyelesaiannya. “Pertandingan akan kuat, tidak banyak peluang. Jadi berakhir efektif,” ujarnya.

Kusnaeni berharap serangan Rafael Struik bisa setajam saat melawan Korea Selatan. Pemain lain seperti Witan Suleiman dan Marcelino Ferdinand juga diharapkan mahir memanfaatkan celah pertahanan lawan.

Laga perebutan juara ketiga AFC U-23 Indonesia U-23 vs Irak 2024 akan tersaji di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar pada Rabu (5/2) pukul 22.30 WIB. Jika Garuda Muda menjuarai kompetisi tersebut, dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Namun jika kalah dari Irak, Marcelino dan kawan-kawan harus bermain melawan wakil Afrika, Guinea, demi bisa mendapatkan tiket ke turnamen olahraga tertinggi dunia tersebut.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel