Bisnis.com, JAKARTA – Para pemimpin keuangan negara maju anggota kelompok G7 pada Sabtu (25/5/2024) menegaskan komitmennya untuk memperingatkan Jepang terhadap pergerakan mata uang yen yang terlalu fluktuatif.

Ini adalah sinyal yang dianggap Jepang sebagai lampu hijau untuk melakukan intervensi di pasar guna membendung penurunan cepat yen.

Kesepakatan itu menyusul peringatan baru dari Wakil Menteri Keuangan Jepang untuk Urusan Internasional, Masato Kanda, yang mengatakan Tokyo siap memasuki pasar “kapan saja” untuk melawan apa yang disebut pergerakan yen yang dapat merugikan perekonomian Jepang. 

“Kami menegaskan kembali komitmen terhadap nilai tukar pada Mei 2017,” kata Kanda, seperti dilansir Reuters, Minggu (26/5/2024).  

Para menteri G7 sepakat setelah pertemuan mereka di Stresa, Italia, untuk merujuk pada pernyataan Jepang untuk menegaskan kembali pandangannya tentang perlunya stabilitas di pasar valuta asing. 

G7 telah lama menyadari bahwa volatilitas yang berlebihan dan pergerakan mata uang yang tidak teratur adalah hal yang tidak diinginkan dan bahwa negara-negara memiliki kekuatan untuk melakukan intervensi di pasar ketika nilai tukar menjadi terlalu fluktuatif. 

Tokyo mengatakan perjanjian tersebut memberikan kebebasan untuk melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk melawan pergerakan yen yang berlebihan.

“Kami bersyukur G7 menegaskan kembali pemahaman bersama mengenai nilai tukar. Hal ini juga meyakinkan pasar,” kata Kanda usai pertemuan para pemimpin keuangan G7. 

Pernyataan G7 mengenai komitmen nilai tukar tidak berubah dari pernyataan kelompok tersebut sebelumnya yang dikeluarkan pada 17 April, ketika para pemimpin keuangan bertemu di Washington di sela-sela pertemuan IMF. 

Dua minggu setelah KTT G7 pada bulan April, Jepang dilaporkan melakukan intervensi di pasar valuta asing untuk menopang yen guna mengekang apa yang oleh pihak berwenang digambarkan sebagai pergerakan mata uang yang berlebihan dan spekulatif.

Meskipun hal ini mencegah yen jatuh di bawah garis psikologis penting yaitu 160 per dolar AS, mata uang Jepang tidak menunjukkan kenaikan yang jelas.

Pada Jumat (24/5/2024), yen berada di 156,98 terhadap dolar, tidak setinggi level terendah tiga minggu pada Kamis di 157,19. 

Ada juga ketidakpastian mengenai kemampuan negara-negara G7 untuk mentolerir pergerakan lebih lanjut Jepang di pasar valuta asing. 

Memang benar, Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, yang juga berada di Stresa, mengatakan pada Kamis (23/5/2024) bahwa intervensi moneter tidak boleh menjadi alat yang “biasa” untuk mengatasi ketidakseimbangan dan harus sangat jarang digunakan dan digunakan. dikomunikasikan dengan baik.

Pernyataan para pemimpin keuangan pada bulan Mei 2017, yang juga didukung oleh Kanda, mengatakan volatilitas yang berlebihan dan pergerakan nilai tukar yang tidak teratur dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan keuangan. 

Di sisi lain, mereka juga menyerukan agar nilai tukar ditentukan oleh pasar dan anggota harus berkonsultasi secara dekat mengenai tindakan di pasar valuta asing.

Kanda, yang mengawasi kebijakan moneter Jepang, mengatakan bahwa dia mengawasi rekan-rekannya di AS “dengan sangat cermat” setiap hari, termasuk di pasar.  

Sampai saat ini, yen melemah 11% terhadap dolar karena Federal Reserve tidak terburu-buru menurunkan suku bunga, menjaga selisih antara suku bunga AS dan Jepang pada tingkat yang sangat rendah. 

Pasar bertanya-tanya apakah Jepang akan melakukan intervensi lagi untuk menjaga agar yen tetap lemah, yang telah membuat pusing para pembuat kebijakan karena merugikan konsumsi dengan menaikkan harga bahan mentah impor.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA