Business.com, Jakarta – Kuliah di universitas terbaik di dunia bisa menjadi suatu kebanggaan. Berikut daftar universitas terbaik di dunia menurut QS Top Universities 

Pemeringkatan QS Top Universities tahun ini untuk tahun akademik 2025 adalah yang terbesar yang pernah ada, memeringkat lebih dari 1.500 universitas di 105 sistem pendidikan tinggi.  

Dalam daftar tersebut, Amerika Serikat adalah negara atau wilayah yang paling banyak diwakili dengan 197 lembaga pemeringkat kredit, diikuti oleh Inggris dengan 90 lembaga dan Tiongkok daratan dengan 71 lembaga pemeringkat. 

Sementara itu, Massachusetts Institute of Technology (MIT) mempertahankan posisi teratas selama 13 tahun berturut-turut. 

Selain itu, Imperial College London melonjak empat peringkat ke peringkat kedua, sementara Universitas Oxford dan Universitas Harvard masing-masing berada di peringkat ketiga dan keempat. Kemudian University of Cambridge menempati posisi lima besar. Berikut daftar 10 universitas terbaik dunia tahun 2025:

1. Institut Teknologi Massachusetts (MIT)

2. Perguruan Tinggi Kekaisaran London

3. Universitas Oxford

4. Universitas Harvard

5. Universitas Cambridge

6. Universitas Stanford

7. ETH Zurich

8. Universitas Nasional Singapura (NUS)

9.UCL

10. Institut Teknologi California (Caltech)

11. Universitas Pennsylvania

12. Universitas California, Berkeley (UCB)

13. Universitas Melbourne

14. Universitas Pike

15. Universitas Teknologi Nanyang, Singapura (NTU Singapura)

16. Universitas Cornell

17. Universitas Hong Kong

18. Universitas Sydney

19. Universitas New South Wales (UNSW Sydney)

20. Universitas Tsinghua

21. Universitas Chicago

22. Universitas Princeton

23. Universitas Yale

24. Universitas PSL

25. Universitas Toronto

Sayangnya, Indonesia tidak memiliki satupun universitas yang masuk dalam 100 besar 

Berdasarkan daftar tersebut, perguruan tinggi Indonesia menduduki peringkat pertama di Indonesia namun peringkat 206 dunia. 

Peringkat 239 ada Universitas Gajja Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB) ke-256, Universitas Airlangga ke-308, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) ke-426. 

Disusul Institut Teknologi Sepurah November (ITS Surabaya) pada peringkat 585 dunia, dan Universitas Padmarajan (ONPAD) pada peringkat 596.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel