Bisnis.com, Jakarta – Berikut cara tes emas Antam asli tanpa ke toko emas.

Sedang heboh di media sosial terkait kasus ‘Lagu Kebangsaan Emas Palsu’. Kabar tersebut membuat investor logam mulia khawatir karena emas koleksinya adalah emas palsu.

Namun, ada pula yang menyatakan bahwa ‘emas palsu’ adalah emas ilegal. Sedangkan standar dan kualitasnya diklaim sama.

Seperti diketahui, Kejaksaan mencatat ada 109 stempel emas palsu merek Antam selama periode 2010-2021.

Ya pasti beda, ini emas ilegal, yang lain emas legal, kata Kepala Kejaksaan Agung RI Kuts Somadana kepada wartawan, Minggu (2/6/2024).

Bagi Anda yang ingin mengecek keaslian emas Antam, ada cara mudahnya. Anda bahkan tidak perlu mengunjungi toko emas untuk mengecek keaslian logo Mulia Ganam. Cara Mengetes Emas Antam Asli 1. Pemeriksaan Fisik

Cara mudah untuk mengecek keaslian emas murni adalah dengan melihat secara dekat fisik emas batangan.

Emas murni pasti memiliki cap yang menunjukkan tingkat kemurnian atau disebut juga kehalusan dan berat gram emas tersebut.

Untuk emas final akan ditempel logo perusahaan PT. ANTAM Tbk dengan kandungan emas murni 999,9% pada permukaan emas. 2. Periksa melalui aplikasi Certieye

Cara kedua adalah dengan memindai di aplikasi Certieye. Namun cara ini hanya berlaku untuk Sertifikat Emas Angam (dengan kemasan) dan tidak berlaku untuk Antam Retro/Klasik.

Caranya adalah dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi CertiEye yang dapat diunduh gratis di App Store atau Play Store.

Kemudian scan kode QR yang terdapat di bagian bawah kemasan CertiCard ANTAM LM. Nanti akan muncul informasi bahwa emas tersebut telah terdaftar di Anthem.

Sedangkan untuk produk ANTAM LM klasik atau retro, sertifikatnya dapat disinari dengan sinar UV sehingga akan muncul hologram khusus.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel