Bisnis.com, JAKARTA — Beberapa saham seperti PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON), SBMA dan KUAS akan mencapai batas dividen dengan terhormat hari ini.

Pada rapat umum tanggal 17 Mei, WTON mengumumkan dividen tunai sebesar Rp 6,88 miliar. Jumlah tersebut setara dengan 20% laba bersih tahun fiskal 2023 yakni 34,170 juta euro. Dengan demikian, dividen per saham mencapai Rp0,79 per saham. 

Sekretaris Perusahaan WIKA Beton Dadi Indra mengatakan pada tahun 2023, 80% dari laba bersih atau Rp 27,24 miliar akan dialokasikan sebagai cadangan lain-lain.

Dadi menyatakan, asosiasi juga menyepakati kewenangan dan wewenang direksi yang berhak menggantikan, untuk mengatur lebih lanjut tata cara dan pelaksanaan pembagian dividen tunai. 

“Hal ini tunduk pada ketentuan yang berlaku, termasuk pembulatan pembayaran dividen per saham,” ujarnya dalam pengumuman resmi.

Sementara itu, PT Surya Biru Murni Acetylene Tbk (SBMA) mengumumkan pembagian dividen tunai sebesar Rp1,1 miliar untuk tahun buku 2023, menyusul pertumbuhan laba bersih year-on-year sebesar 5,53%. Peningkatan laba bersih ini akan mencapai 4,730 juta euro pada tahun 2023, dibandingkan 4,480 juta euro pada tahun sebelumnya.

Pada Jumat, 17 Mei 2024, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), CEO SBMA Ivan Sanioto mengungkapkan pertumbuhan penjualan perseroan berkat implementasi pabrik baru yang dimulai pada Juni 2023. 

“Seiring dengan peningkatan penjualan, biaya produksi kami juga menurun, sehingga kami optimis kinerja SBMA akan terus membaik,” ujarnya.

SBMA melaporkan pertumbuhan yang kuat pada kuartal I 2024, dengan laba bersih meningkat 122,96% menjadi Rp 2,01 miliar dibandingkan Rp 903,75 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini juga tercermin pada laba per saham dasar, dari Rp 0,97 per saham menjadi Rp 2,17 per saham.

(Joycelyn Monte)

————–

Penafian: Buletin ini tidak dimaksudkan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembacanya.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel