Bisnis.com, Jakarta – Produsen teknologi PT Metrodata Electronics Tbk. (MTDL) menargetkan mencapai Rp 25 triliun pada tahun 2024.

Direktur Utama Metrodata Electronics Susanto Jaja mengatakan MTDL menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 13 persen pada tahun 2024. Dengan target pertumbuhan tersebut, pendapatan MTDL diperkirakan bisa mencapai Rp 25 triliun.

“Kami menargetkan pendapatan Rp 25 triliun, pertumbuhan 13%, dan pertumbuhan laba bersih 10% mulai tahun 2023,” kata Susanto dalam pidato publik MTDL, Senin (3/6/2024).

Direktur MTDL Agus Hongo Widodo mengatakan pertumbuhan pendapatan MTDL tahun ini akan didorong oleh bisnis distribusi MTDL. Dikatakannya, meskipun bisnis distribusi MTDL besar dari segi nilai, namun keuntungan bisnis distribusi lebih kecil dibandingkan bisnis solusi MTDL.

“Jadi pertumbuhan pendapatan lebih tinggi dibandingkan laba, karena pertumbuhan kami tahun ini karena bisnis distribusi,” kata Agus.

Sementara itu, Direktur MTDL Randy Cartadinata mengatakan pertumbuhan operasional MTDL pada kuartal II 2024 didominasi oleh unit bisnis distribusi.

“Kami perkirakan pertumbuhan ini akan terus berlanjut. Hingga akhir tahun kami perkirakan bisa mencatat kenaikan laba sebesar 10%,” ujarnya.

Sebagai informasi, MTDL mencatatkan pendapatan sebesar Rp5,1 triliun pada kuartal I 2024, atau meningkat 12,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp4,5 triliun. Peningkatan pendapatan MTDL terutama disebabkan oleh pendapatan unit bisnis distribusi yang tumbuh sebesar 20,0% YoY.

Sebagian besar pertumbuhan pendapatan unit bisnis distribusi didorong oleh kuatnya penjualan ponsel pintar dan pertumbuhan penjualan PC dan notebook, yang mencerminkan tren akuisisi di segmen distribusi konsumen. Selain itu, diversifikasi penjualan produk TIK juga mengurangi risiko MTDL.

Sedangkan MTDL mencatatkan laba bersih sebesar Rp 147,3 miliar pada tiga bulan pertama tahun 2024. Laba bersih sebesar Rp 146 miliar ini meningkat tipis 0,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel