Bisnis.com, JAKARTA – Bek Indonesia Jay Idzes menjalani musim cemerlang saat membawa Venezia menjuarai Serie A dalam perjalanan ke babak playoff.

Venezia mengalahkan Cremonese di final playoff Serie B pada Senin (3/6/2024) dini hari untuk memastikan tiket final Serie A musim 2024-2025.

Gol bunuh diri Christian Gitker membawa Venezia menang 1-0 atas Cremonese setelah bermain imbang 0-0 di leg pertama.

Hasilnya Venezia, mengikuti Parma dan Como pada tahun 1907, mendapatkan tiket promosi ke Serie A untuk pertama kalinya melalui jalur juara Serie B.

Prestasi tersebut menjadi prestasi membanggakan bagi bek timnas Indonesia Jay Idze.

Pasalnya Jay Idzes menjadi bagian penting tim Venezia yang sukses mencapai level teratas musim depan.

Yang lebih istimewanya, Jay melakukan ini setelah lama absen dari jaringan karena sakit parah.

Situs resmi Venezia mengabarkan bahwa Jay Idzes menderita trombosis pembuluh darah dengan mikroemboli paru, yang berarti penyumbatan pembuluh darah akibat pembekuan darah.

Penggumpalan darah pria 23 tahun ini juga disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah arteri yang membawa darah dari jantung ke paru-paru.

“Kami sangat sedih untuk Jay Idzes, pertama-tama sebagai pribadi, tapi sekarang tugas kami adalah melepasnya,” kata pelatih Venezia Paolo Vanoli di situs resminya.

Mikroemboli paru awalnya terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di bagian tubuh tertentu, seperti kaki. Meskipun emboli paru tergolong ringan, namun dapat mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.

Jay juga menghadapi masalah oklusi vena retina, menurut Transfermarkt.

Jay Idzes sempat absen lama karena penyakitnya terus berlanjut. Ia terakhir bermain saat Venezia bertemu Parma pada pekan ke-10 Serie B pada Oktober 2023.

Pada laga yang berakhir 3-2 untuk keunggulan Venezia itu, Jay Idzes bermain di posisi bek tengah.

Setelah pertandingan ini, Jay absen selama 96 hari atau lebih dari 3 bulan. Ia baru pulih dari cedera dan mulai berlatih pada 24 Januari 2024.

Selama absen, Jay bahkan sempat menyelesaikan proses naturalisasi dan mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI).

Jay tidak melewatkan ketidakhadirannya selama 3 bulan. Tercatat, pemain yang baru berulang tahun pada 2 Juni ini telah mengikuti 25 pertandingan Serie B musim ini sebanyak 23 kali sebagai starter dan 2 kali sebagai pemain pengganti.

Peran Jay menjadi lebih penting di babak playoff. Bek dengan tinggi 190 cm ini selalu menjadi starter dalam 4 pertandingan untuk Venezia, 3 di antaranya ia bermain penuh 90 menit.

Jay mencetak 3 gol di Serie B dan bermain total 2096 menit. Yang lebih mengesankan adalah Jay “layak” sebagai quarterback.

Dari 29 pertandingan Serie B, Jay hanya mendapat 3 kartu kuning di sakunya tanpa penalti kartu merah oleh wasit.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA