Bisnis.com, JAKARTA – Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi serius seperti stroke dan diabetes pada penderitanya. Oleh karena itu, setiap orang harus berhati-hati dengan gaya hidup yang dijalaninya untuk mencegah kadar kolesterol meningkat.

Laporan dari Cleveland Clinic dan National Jewish Health, kolesterol tinggi merupakan suatu kondisi dimana seseorang memiliki banyak zat lemak dalam darahnya. Mereka yang terkena biasanya memiliki gejala nyeri dada, bengkak pada mata, serta sering merasa mengantuk dan kejang di malam hari.

Kolesterol tinggi umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti mentega, kerupuk, keju, santan, atau kuning telur. Faktor lainnya termasuk kurangnya aktivitas fisik dan merokok.  Tips mencegah kolesterol tinggi 1. Kurangi konsumsi lemak hewani

Jika ingin mencegah penyakit ini, Anda harus menghindari dan mengurangi asupan lemak hewani mulai dari sekarang. Daging merah mengandung lemak jenuh yang berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam darah. 

American Heart Association menyatakan bahwa setiap orang hanya boleh mengonsumsi kurang dari 25-35% total kalori yang berasal dari lemak setiap harinya. Jumlah total tersebut dibagi menjadi dua asupan lemak, yaitu lemak jenuh kurang dari 7% dan lemak trans kurang dari 1%. 2. Perbanyak konsumsi serat

Makanan tinggi serat dapat membantu mengontrol kadar kolesterol darah. Serat bekerja dengan cara mengikat lemak dan kolesterol di usus halus sehingga tidak dapat diserap ke dalam aliran darah. Akibatnya, tubuh hanya memproduksi sedikit LDL atau kolesterol jahat.

Oleh karena itu, dianjurkan mengonsumsi 25 hingga 30 gram serat larut per hari. Penghasilan ini bisa didapat melalui sayur-sayuran, buah-buahan dan oatmeal. 3. Konsumsi asam lemak omega 3

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam lemak omega 3 dalam jumlah yang cukup terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu, juga mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung, aterosklerosis, rheumatoid arthritis, dan kanker.

Makanan berikut ini kaya akan asam lemak Omega 3

1. Ikan salmon

2. Sarden

3. ikan tuna

4. Kedelai

5. Pemerkosaan

6. Kacang-kacangan 4. Batasi asupan garam

Jika ingin menurunkan risiko kolesterol tinggi, Anda perlu membatasi asupan garam harian. Padahal garam tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan kadar kolesterol total (LDL, HDL dan trigliserida). Namun konsumsi berlebihan dapat memicu penyakit kronis seperti darah tinggi dan penyakit jantung. 

Oleh karena itu, dianjurkan mengonsumsi makanan yang tidak mengandung lebih dari 2.300 mg garam per hari atau sekitar 1 sendok teh. 5. Olahraga

Olahraga teratur dapat membantu mencegah tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Selain itu, membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik, yang berperan dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Anda bisa berolahraga 30 menit sehari atau 150 menit seminggu. Kegiatan olahraganya meliputi bersepeda, aerobik, jalan kaki, dan yoga.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel